Dark/Light Mode

KLHK Raih Medali Emas Dari BIG Di Ajang Bhumandala Award 2022

Sabtu, 26 November 2022 09:21 WIB
Menteri LHK, Siti Nurbaya menerima penghargaan Bhumandala Kanaka (Medali Emas) Tahun 2022 di Jakarta, Jumat (25/11).
Menteri LHK, Siti Nurbaya menerima penghargaan Bhumandala Kanaka (Medali Emas) Tahun 2022 di Jakarta, Jumat (25/11).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meraih anugerah penghargaan Bhumandala Kanaka (Medali Emas) untuk kategori Kementerian/Lembaga dari Badan Informasi Geospasial (BIG) di ajang Bhumandala Award 2022

Di tangan Siti Nurbaya, KLHK berhasil mengembangkan simpul jaringan dan meningkatkan pemanfaatan lnformasi Geospasial. 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Muh Aris Marfai kepada Menteri LHK, Siti Nurbaya di acara penghargaan Bhumandala Tahun 2022 di Jakarta, Jumat (25/11).

Dalam pemanfaatan simpul jaringan, KLHK dinilai telah memanfaatkan aplikasi Sistem Informasi Geospasial (Sigap) yang dibuat secara mandiri dan telah beroperasi dengan sangat baik, termasuk aspek kelembagaan dan kualitas datanya.

Baca juga : Kok Bisa Sih, Beras Di Gudang Bulog Hilang Sampai 500 Ton

Dalam sambutannya, Menteri Siti mengucapkan terima kasih atas penghargaan tersebut. Ia mengatakan, bahwa informasi geospasial atau yang biasa dikenal pemetaan merupakan informasi yang sangat penting bagi hutan. Di mana informasi geospasial mencakup 63% dari daratan Indonesia.

“Penghargaan ini sangat baik. Karena dengan demikian kita menguasai data informasi baik daratan maupun perairannya," ujarnya.

Siti menjelaskan, di dalam konsep bernegara, peta merupakan salah satu instrumen pertarungan geopolitik. Informasi geospasial juga terkait dengan legitimasi negara. 

“Sehingga, saat ini betul-betul dibutuhkan keberadaan informasi geospasial dengan segala atribut dan perangkat yang lengkap,” katanya.

Baca juga : Bali Leaders Declaration Dipastikan Bermanfaat Bagi Dunia

Selain KLHK, Bhumandala Kanaka (Medali Emas) kategori Kementerian/Lembaga diberikan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan. 

Untuk kategori Pemerintah Provinsi diraih oleh DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Kalimantan Selatan. Sementara kategori Kota diraih oleh Bontang dan Palembang, serta kategori Kabupaten oleh Sleman dan Kuburaya.

Bhumandala Award 2022 merupakan salah satu bagian pembinaan dan peningkatan simpul jaringan, dan manajemen informasi geospasial.

Bhumandala Award juga menghadirkan kategori khusus, yaitu Bhumandala Nama Rupabumi yang diberikan kepada Kementerian/Lembaga, Provinsi, Kabupaten/Kota, organisasi dan individu.

Baca juga : PNM Raih 3 Penghargaan BUMN Branding & Marketing Award 2022

Penghargaan Bhumandala diberikan kepada Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota yang berhasil menerapkan lima pilar Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN). 

Kelima pilar tersebut yaitu pilar kebijakan, pilar kelembagaan, pilar sumberdaya manusia, pilar standar, dan pilar teknologi dalam pengembangan simpul jaringan.â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.