Dark/Light Mode

Dapat Beasiswa Ajinomoto, Dwina Raih Gelar Master Of Science Di Universitas Tokyo

Sabtu, 20 Mei 2023 13:24 WIB
Dwina Juliana Warman (Foto: Istimewa)
Dwina Juliana Warman (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dwina Juliana Warman, mahasiswi asal Bogor, menggapai mimpinya melanjutkan studi S2 di Jepang. Didukung Ajinomoto Scholarship, Dwina kini telah lulus dan meraih gelar Master of Science Fakultas Pertanian dan Ilmu Hayati, University of Tokyo.

Dwina merupakan peraih Ajinomoto Scholarship 2020. Bagi Dwina, mengikuti seleksi Ajinomoto Scholarship sangat ketat dan menantang.

“Ajinomoto Scholarship itu program beasiswa yang luar biasa, setiap tahunnya hanya memilih satu orang peraih beasiswa. Jadi, bisa dibilang Ajinomoto mencari yang terbaik untuk diberikan beasiswa melanjutkan studi ke Jepang," ucapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Sabtu (20/5).

PT Ajinomoto Indonesia sebagai penyelenggara seleksi sangat profesional dan serius dalam menangani program beasiswa ini. Melalui beasiswa ini, Dwina merasakan bahwa Ajinomoto sangat mendukung anak bangsa untuk terus maju dan berkembang agar bisa bermanfaat dan berdampak bagi Indonesia dan masyarakat luas.

Baca juga : Jelang Ramadan, Sinar Mas Gelar Bazar Migor Di Serang

"Program beasiswa Ajinomoto berperan penting dalam penyelesaian studi S2 saya di Universitas Tokyo. Karena berkat beasiswa yang diberikan, saya tidak perlu khawatir mengenai kecukupan biaya hidup dan kuliah, dan saya bisa fokus pada studi saya,” ungkap Dwina.

Dia lalu memberikan tips kepada para mahasiswa yang ingin meraih beasiswa Ajinomoto. Tipsnya, jangan pernah takut untuk mencoba dan jangan berhenti untuk mengejar mimpi besar.

"Saya pikir banyak dari teman-teman yang merasa kurang percaya diri atau takut untuk mencoba beasiswa Ajinomoto karena hanya ada satu orang penerima setiap tahunnya. Beasiswa Ajinomoto adalah salah satu kesempatan besar untuk bisa mewujudkan mimpi teman-teman berkuliah di universitas terbaik di Jepang. Saya melakukan yang terbaik dalam mempersiapkan setiap tahapan seleksinya dan serahkan hasilnya kepada Tuhan,” lanjutnya.

Dalam kisah suksesnya, Dwina juga menceritakan bagaimana diberikan kesempaatan langka untuk mempunyai sebuah publikasi (jurnal) internasional di tahun pertamanya berkuliah. Hal ini turut membantunya mendapatkan nilai yang baik dalam pembuatan tugas akhir guna meraih gelar Master of Science.

Baca juga : OJK Dan BEI Resmikan Galeri Investasi Di Universitas Tanjungpura

“Di Jepang, sangat sedikit mahasiswa S2 yang memiliki kesempatan untuk menulis sebuah jurnal internasional, apalagi di tahun pertama. Namun, saya sangat bersyukur karena dosen pembimbing saya sangat mendukung saya untuk menjadi seorang scientist, dan beliau memberikan saya kesempatan menulis sebuah jurnal yang kemudian diterbitkan di jurnal Nutrients pada 10 Februari 2022,” ujar Dwina.

Selama menjalani kuliah, Dwina bersyukur dapat lolos seleksi menjadi 20 peneliti muda Asia dan terpilih menjadi leader dalam IUNS International Workshop on Capacity and Leadership Development in Nutritional Sciences 2021. Dia menjadi satu-satunya peserta dari Indonesia dan peserta paling muda di dalam kelompok.

"Selain momen yang menyenangkan, tentunya sama seperti kebanyakan international student lainnya, saya juga pernah merasakan homesick dan rindu masakan Indonesia. Namun, ketika itu untungnya kemarin bisa titip bumbu-bumbu masakan ke teman yang pulang ke Indonesia. Bumbu favorit saya adalah Sajiku Nasi Goreng dan Soto Ayam, karena rasanya yang lezat, praktis, dan sudah lengkap," imbuhnya.

Biasanya Dwina membuat nasi goreng Jawa atau nasi goreng sehat kaya serat, seperti yang ada di kumpulan resep Dapur Umami. "Saya sangat merekomendasikan resep-resep di website Dapur Umami karena sangat kreatif, kekinian, dan yang pasti enak. Terima kasih Ajinomoto Indonesia sudah membantu mengobati rasa rindu terhadap masakan Indonesia!,” lanjutnya.

Baca juga : Pasca Deklarasi Anies, Elektabilitas Ganjar Masih Moncer Di Puncak

Mahasiswi yang gemar membaca buku ini kemudian menceritakan rencana-rencananya setelah lulus dan meraih gelar Master of Science dari University of Tokyo. “Setelah ini saya berharap bisa terus memperdalam ilmu yang telah saya pelajari agar saya bisa berkontribusi lebih banyak kepada masyarakat luas. Jadi, saya memutuskan untuk melanjutkan studi S3 di bidang yang sama di University of Tokyo,” ungkapnya.

PT Ajinomoto Indonesia berkomitmen untuk terus memberikan kesempatan bagi pemuda-pemudi Indonesia setiap tahunnya meraih mimpi melanjutkan studi S2 ke beberapa universitas ternama di Jepang.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.