Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

1.859 Mahasiswa Baru Program Sarjana Universitas Nasional Ikuti PLBA

Kamis, 21 September 2023 23:47 WIB
Kegiatan Pengenalan Lingkungan dan Budaya Akademik bagi mahasiswa baru program sarjana Universitas Nasional, di Gedung Auditorium Unas, Jakarta, Kamis (21/9). (Foto: Dok. Unas)
Kegiatan Pengenalan Lingkungan dan Budaya Akademik bagi mahasiswa baru program sarjana Universitas Nasional, di Gedung Auditorium Unas, Jakarta, Kamis (21/9). (Foto: Dok. Unas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Nasional (Unas) melaksanakan kegiatan Pengenalan Lingkungan dan Budaya Akademik (PLBA) bagi mahasiswa baru program sarjana, di Gedung Auditorium Unas, Jakarta, Kamis (21/9). Kegiatan ini diikuti 1.859 mahasiswa baru yang diterima pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024.

Kegiatan PLBA dilaksanakan selama tiga hari. Pada hari pertama dan kedua yaitu PLBA di tingkat universitas dan hari ketiga di tingkat fakultas. PLBA hari pertama diikuti mahasiswa baru dari lima fakultas yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik dan Sains serta Fakultas Biologi dan Pertanian. Sedangkan, pada hari kedua, diikuti mahasiswa baru dari tiga fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika serta Fakultas Ilmu Kesehatan.

“Kegiatan PLBA bagi mahasiswa baru Universitas Nasional Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024 ini diikuti 1.859 mahasiswa baru program sarjana (S1). Dengan rincian pada hari ini diikuti 982 orang mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik dan Sains serta Fakultas Biologi dan Pertanian. Kemudian, pada Jumat (22/9) akan diikuti 877 orang mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika serta Fakultas Ilmu Kesehatan,” kata Ketua Panitia yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unas Prof Suryono Efendi, saat menyampaikan laporan kegiatan PLBA.

Baca juga : DAIKIN Goes To Campus Sambangi Universitas Prima Medan

Ia mengajak kepada mahasiswa baru untuk terus membentuk karakter dan perilaku serta kepribadian yang baik, tangguh penuh dengan inovasi dan kreativitas. “Marilah kita perbaiki bahkan kita rubah mindset kita untuk membentuk karakter dan perilaku serta kepribadian yang baik, tangguh penuh dengan inovasi dan kreativitas yang akan membawa kesuksesan di masa yang akan datang baik selama anda berada di Unas maupun setelah Anda lulus,” ujarnya.

Ada empat materi yang disampaikan pada kegiatan PLBA. Pertama, Tri Dharma Perguruan Tinggi: Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Kedua, Ke-Unas-an dan Kemahasiswaan. Ketiga, Membangun Wawasan Kebangsaan dan Menangkal Radikalisme. Keempat, Bahaya Narkotika dan Peran Mahasiswa dalam Pencegahan.

Dalam sambutannya, Rektor Unas El Amry Bermawi Putera menyampaikan selamat datang dan selamat bergabung kepada mahasiswa baru dan berterima kasih atas kepercayaannya yang telah memilih Unas untuk melanjutkan pendidikannya.

Baca juga : 2 Ribu Mahasiswa Baru Unisba Ikuti Pengenalan Civitas Kampus

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua/wali yang telah memberikan kepercayaan kepada Universitas Nasional sebagai tempat menimba ilmu pendidikan tinggi bagi putra putrinya. Harapannya, semua mahasiswa baru dapat segera menyesuaikan diri dengan suasana akademik di Unas yang kondusif sehingga dapat memperlancar proses pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ucap El Amry.

El Amry mengatakan, kegiatan PLBA bertujuan untuk menumbuhkan motivasi, kebanggaan terhadap almamater dan semangat belajar, serta meningkatkan kedisiplinan, kesadaran diri dan tanggung jawab sebagai mahasiswa Unas.

Ia melanjutkan, memasuki dunia perguruan tinggi, mahasiswa baru perlu banyak melakukan berbagai penyesuaian. Menurutnya, penyesuaian tersebut dimulai kemandirian misalnya dalam membuat perencanaan studi dan terus mengasah potensi, bakat dan talenta dengan fokus pada pengembangan Tri Dharma perguruan tinggi.

Baca juga : 1.359 Mahasiswa Baru UNDIRA Ikuti Pembukaan Kuliah Secara Hybrid

Rektor Unas juga menyampaikan, pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024, Unas telah memberikan beasiswa kepada 83 mahasiswa baru dan 826 beasiswa kepada mahasiswa aktif. Diharapkan, dengan pemberian beasiswa ini dapat menjadi motivasi sekaligus peluang bagi mahasiswa-mahasiswi lainnya, untuk lebih giat belajar dan fokus pada tri dharma perguruan tinggi.

“Oleh karena itu, kami berpesan kepada semua mahasiswa baru untuk lebih giat dan fokus belajar agar mendapatkan nilai akademik yang memuaskan sehingga dapat membanggakan bagi kedua orang tua, serta menjadi harapan masyarakat, bangsa, dan negara,” tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.