Dark/Light Mode

Phapros Manfaatkan Tumbuhan Lokal Untuk Atasi Hipertensi Hingga Ejakulasi Dini

Jumat, 19 November 2021 23:53 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Phapros Tbk memanfaatkan tanaman lokal Indonesia untuk obat herbal. Emiten berkode saham PEHA ini memiliki 2 dari 23 produk obat herbal fitofarmaka yang memiliki izin edar dari BPOM.

"Seperti Tensigard yang diformulasikan sebagai anti hipertensi," ujar Direktur Utama Phapros, Hadi Kardoko dalam keterangannya, Jumat (19/11).

Baca juga : PUPR Tebar Bantuan PSU Untuk Warga Kalimantan

Tensigard memiliki komposisi ekstrak seledri (Apium graveolens) 75 persen dan ekstrak kumis kucing (Orthosiphon stamineus) 25 persen. Selain itu, ada pula X-Gra yang berfungsi meningkatkan stamina dan kesegaran tubuh pria. Obat herbal ini diklaim bisa memperbaiki kualitas sperma. X-Gra juga bisa mengatasi masalah ejakulasi dini.

"Terbuat dari ekstrak Ganoderma lucidum (jamur Ling Zhi), ekstrak Eurycomae radix, ekstrak ginseng, ekstrak Retrofracti fructus (lada hitam) dan Royal jelly," jelas Hadi.

Baca juga : Presiden: Sirkuit Mandalika Siap Digunakan Untuk Ajang Kelas Dunia

Pengembangan obat herbal fitofarmaka masih sangat sedikit di Indonesia. Hal ini tak lepas dari berbagai tantangan yang ada.

Beberapa tantangan tersebut di antaranya, sumber daya alam tumbuhan yang belum dikelola secara optimal, biaya riset yang besar dan proses riset yang lama, dan harga jual produk herbal yang seringkali lebih mahal dari produk kimia.

Baca juga : Faskes Yang Nakal Bakal Ditandai Nih

"Namun, seiring dengan adanya Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2016 tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan dan dibentuknya satgas Percepatan Pengembangan dan Peningkatan Pemanfaatan Jamu dan Fitofarmaka oleh BPOM, hal ini diharapkan nantinya pengembangan obat fitofarmaka di Indonesia bisa kian terarah dan dapat dilakukan secara masif," terangnya. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.