Dark/Light Mode

Perkuat Bisnis Online Di Singapura

Sarinah Ngarep Produk Lokal Tembus Pasar Internasional

Jumat, 31 Mei 2019 08:16 WIB
Salah satu gerai Sarinah yang ramai dikunjungi pembeli. (Foto : istimewa)
Salah satu gerai Sarinah yang ramai dikunjungi pembeli. (Foto : istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sarinah The Window of Indonesia melakukan transformasi bisnis untuk mengikuti selera pasar. Salah satunya dengan menggandeng e-commerce di Singapura, Glexindo.com.

Direktur Ritel Bisnis PT Sarinah (Persero), Lies Permana Lestari menjelaskan, kerja sama dengan perusahaan e-commerce di luar negeri agar produk asli buatan Indonesia bisa makin diminati oleh banyak negara.

“Benar kita sudah melakukan kerja sama dengan marketplace di Singapura. Pada saat melihat barang-barang yang dijual Sarinah mereka mau beli. Nah, mereka bisa melakukan pembelian melalui e-commerce,” kata Lies Permana di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Top, Bukalapak Bantu UKM Go International

Adanya kerja sama yang dilakukan Sarinah dengan Glexindo.com bakal makin mempromosikan produk nusantara di Singapura. Apalagi banyak barang yang dijual di Sarinah juga terdapat di dalam Kedutaan Besar Singapura. “Display barang-barang Sarinah ini juga ada di Kedutaan Besar Singapura,” katanya.

Dia mengungkapkan, kerja sama dengan Glexindo baru mulai dilakukan pada Januari 2019. Dia belum merinci capaian angka bisnis yang didapat. Lies menegaskan hampir seluruh produk asli Indonesia yang dijajakan Sarinah sudah dipasarkan juga di Glexindo. “Sudah banyak sekali barang-barang di sana itu semua produksi dari Indonesia,” katanya.

Sarinah sebetulnya sudah memiliki marketplace sendiri. Bahkan aplikasi Sarinah Online bisa didownload gratis di Google Playstore. Namun untuk memperkuat pemasaran, pihaknya merasa wajib ikut merangkul e-commerce lokal maupun global. Kerja sama ini juga bersifat jangka panjang. “Untuk di Indonesia kita sudah bekerja sama dengan Shopee, Bukalapak, JD.ID, dan lain sebagainya. Untuk global kita ada kerja sama dengan e-commerce Singapura,” tegasnya.

Baca juga : JK Puji Bandara Internasional Yogyakarta

Direktur Utama Sarinah, Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa sempat mengatakan bahwa tujuan Sarinah menggandeng e-com- merce asing agar penjualan bisa tembus pasar internasional. “Dengan kerja sama ini kami berharap agar produk-produk lokal asli Nusantara bisa go global,” katanya.

Aplikasi Glexindo ini juga bisa mempertemukan eksportir/pro- dusen Indonesia dengan importir dan pasar. Aplikasi ini dapat di download di IOS dan Android. Fashion merupakan salah satu produk yang dipasarkan Glexindo, disamping berbagai jenis produk ekspor Indonesia yang potensial.

Kerja sama Sarinah dengan Glexindo diharapkan bisa memberikan dampak positif pada peningkatan UMKM nasional. Selain itu bisa mendorong produktivitas daya saing di pasar global.

Baca juga : DPR Bisa Berbagi Pengalaman Soal Kebebasan Beragama

Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) bersama Sarinah juga telah menggelar kegiatan talk show dan bazaar yang mendorong para milenial untuk berbisnis. Dalam sambutannya, Ketua Umum Iwapi Nita Yudi mengatakan, di era serba digital seperti sekarang peluang berbisnis bagi anak muda semakin terbuka lebar. Generasi milenial mesti berinovasi atau setidaknya bisa memanfaatkan peluang bisnis dari yang mudah. “Sudah harus dimulai, anak muda itu kreatif,” katanya.

Dalam talk show yang digelar membahas seputar keberhasilan bisnis generasi milenial karena memanfaatkan teknologi. Dia menegaskan, tujuan digelarnya kegiatan talk show yang melibatkan Sarinah adalah memberikan motivasi kepada para milenial dalam bisnis. “Hari ini kita mengadakan fashion show, talkshow, bazaar dan buka puasa bersama. Karena ini adalah event pertama Iwapi dengan Sarinah, walaupun sudah banyak yang sudah menjadi tenant Sarinah. Dengan adanya event ini dan kemudian nanti ada signing MoU saya berharap tempat ini benar-benar menjadi tempat UMKM,” kata Nita.

Dalam acara tersebut, Sarinah yang mewadahi produk Indonesia memberikan tempat untuk memasarkan produk pelaku industri kreatif para milenial atau Startup. Adapun acara talk show yang digelar ini bertema “Start Up & Digital Marketing Langkah Jitukah?” Pembicaraan yang hadir dari Iwapi Milenial dan para pelaku bisnis lainnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.