Dark/Light Mode

Direksi Sudah Diperiksa

BPK Masih Bungkam Hasil Audit Garuda

Jumat, 31 Mei 2019 06:36 WIB
Anggota BPK Achsanul Qosasi
Anggota BPK Achsanul Qosasi

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang dipimpin Moermahadi Soeja Djanegara masih bungkam soal hasil pemeriksaan terhadap laporan keuangan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Padahal, sejumlah direksi Garuda Indonesia dan PT Mahata Aero Teknologi sudah digarap. Laporan keuangan diperiksa BPK karena menunjukkan kejanggalan dari sisi pencatatan piutang menjadi pendapatan. 

Anggota III BPK Achsanul Qosasi mengatakan, BPK akan mengumumkan hasil pemeriksaan terhadap laporan keuangan Garuda Indonesia habis Lebaran. 

Baca juga : Diperiksa Kasus Makar, Mungkinkah Amien Ditangkap?

“BPK sudah mulai melakukan pemeriksaan terhadap laporan keuangan Garuda Indonesia sejak dua minggu terakhir. Pemeriksaan dilakukan melalui berbagai tahapan, mulai dari mengevaluasi kinerja Kantor Akuntan Publik (KAP) yang mengaudit laporan tersebut,” kata mantan Anggota DPR Komisi Keuangan ini. 

Selain itu, lanjut Achsanul, BPK juga sudah mewawancarai jajaran direksi Garuda Indonesia dan PT Mahata Aero Teknologi selaku pihak yang terlibat dalam kemunculan piutang yang didapat maskapai nasional tersebut. 

Baca juga : Soal Guru Asing, Menko Puan Masih Bungkam Nama Negaranya

Auditor keuangan negara juga turut berkomunikasi dengan Kementerian Keuangan, Bursa Efek Indonesia (BEI), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Kami sudah mendapatkan informasi yang lengkap, setelah itu baru kami umumkan. Mungkin lima hari setelah Lebaran,” katanya. 

Namun, Achsanul enggan memberi bocoran terkait hasil temuan sementara yang berhasil didapat BPK, apakah penyusunan laporan keuangan sudah sesuai atau justru melanggar ketentuan akuntansi keuangan negara. 

Baca juga : Nasir Nunggu Giliran

Dia menekankan, walaupun nantinya ada kejanggalan yang ditemukan, maka BPK akan memberikan rekomendasi terkait perbaikan-perbaikan yang harus dilakukan maskapai nasional tersebut. “Jangan indikasi dulu, saya ingin komprehensif. Intinya, nanti kami akan beritahu laporan keuangan Garuda itu harus diperbaiki atau sudah dianggap cukup begitu,” tegasnya (KPJ) 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.