Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wujudkan Ketahanan Energi, Kaltara Bertekad Kembangkan EBT

Selasa, 23 November 2021 16:31 WIB
Gubernur Kalimantan Utara Zainal A Paliwang di Tanjung Selor, Kalimantan Utara dalam Webinar Summit Investment Forum, Selasa (23/11). (Foto: Ist)
Gubernur Kalimantan Utara Zainal A Paliwang di Tanjung Selor, Kalimantan Utara dalam Webinar Summit Investment Forum, Selasa (23/11). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Pemprov Kaltara) bertekad mewujudkan ketahanan energi dengan pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan mengembangkan Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan memanfaatkan potensi daerah. PLTA yang akan dibangun ada di sungai Mentarang dan sungai Kayan.

"Jumlahnya jika digabung dengan beberapa PLTA lain akan mencapai 21.955 Megawatt," kata Gubernur Kalimantan Utara Zainal A Paliwang di Tanjung Selor, Kalimantan Utara dalam Webinar Summit Investment Forum, Selasa (23/11).

Tekad tersebut merupakan salah satu rencana Pemprov disampaikan kepada para investor dalam Summit Investment Forum yang digelar dalam dua tema besar, Selasa (23/11). Acara ini digelar secara hibrid, langsung di lokasi di Tanjung Selor, dan disiarkan secara daring.

Tema pertama berupa paparan seluruh potensi dan rencana pembangunan Pemprov Kaltara. Sedangkan tema kedua, dipecah dalam tiga kelompok bahasan yang berlangsung secara bersamaan. Pemecahan ini dimaksudkan agar para peserta forum fokus pada bidang yang diminati untuk investasi.

Zainal mengatakan, Kaltara memiliki potensi energi fosil yang melimpah, seperti gas alam, minyak bumi, dan batubara. Namun, daerahnya ingin ikut andil dalam upaya pengembangan ekonomi hijau dengan pembangunan dan pengembangan pembangkit listrik berbasis EBT.

Hal ini sekaligus mendukung pencapaian target Program Transisi Energi Menuju Net Zero Emission. Penggunaan EBT akan berkontribusi pada pengurangan penggunaan energi fosil, emisi karbon yang dihasilkan dari proses pembakaran energi fosil adalah penyebab terjadinya perubahan iklim yang mengakibatkan kenaikan suhu bumi dan perubahan iklim yang mengancam keanekaragaman hayati.

Baca juga : Erick Bertekad Lahirkan Banyak Unicorn Di Tanah Air

Khusus untuk EBT, Kaltara memanfaatkan potensi sumber daya air yang berupa sungai dan air terjun untuk pembangunan pembangkit listrik baik skala besar (PLTA) ataupun skala kecil (PLTMH).

Di wilayah provinsi ini terdapat lima aliran sungai besar yang memiliki potensi pengembangan pembangkit listrik EBT (PLTA) dengan potensi perkiraan total sebesar 21.955 MW. Salah satunya saat ini sudah mengantongi izin lengkap dan akan memasuki tahap konstruksi.

Yakni PLTA Sungai Kayan di Kabupaten Bulungan yang memiliki potensi kapasitas 9 ribu MW. Sedangkan PLTA Sungai Mentarang di Kabupaten Malinau yang memiliki potensi kapasitas 1375 MW sudah memiliki izin prinsip dan masuk tahap studi kelayakan.

Keseriusan membangun pusat pembangkit listrik ini seiring dengan rencana lain Pemprov Kaltara membangun Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning-Mangkupadi di Kabupaten Bulungan. Zainal optimistis progres KIPI Tanah Kuning-Mangkupadi tahun ini berjalan tanpa ada kendala.

Luasan KIPI nantinya akan sebesar 10.100 hektare. Dalam aturannya, izin lokasi diberikan untuk tiga tahun ditambah 30 persen penguasaan lahan. Aturan itu berdasarkan Peraturan Menteri ATR/BPN Nomor 5 Tahun 2015.

Saat ini, terdapat 10 perusahaan yang berinvestasi di KIPI Tanah Kuning-Mangkupadi. Di antaranya Al-Bassam Petroleum Equipment Company (APECO), PT Kayan Patria Propertindo (KPP), PT Kayan Patria Industri (KPI), PT Pelabuhan Indonesia, PT Aman Mulia Gemilang, PT Indonesia Strategis Industri, dan PT Adhidaya Suryakencana.

Baca juga : BKS Target Bandara Mentawai Kelar 2022

Selain dua target tersebut, pekerjaan besar lain yang dilakukan pemprov adalah perkebunan dan pertanian yang akan masuk dalam program lumbung pangan (food estate). Hal lain lagi adalah pengembangan pariwisata, lalu kesehatan dan pendidikan.

Wakil Gubernur Kaltara Yansen TP mengatakan, potensi lahan pertanian di wilayahnya berupa lahan kebun seluas 36.460 hektare, ladang atau huma 38.615 heltare, dan sawah seluas 10.776 hektare. "Masih ada lahan seluas 121.542 hektare yang saat ini belum digarap," katanya.

Untuk perkebunan, pada wilayah perbatasan darat sangat potensial untuk pengembangan pertanian dan perkebunan. Perkebunan dan pabrik kelapa sawit tersebar di Kabupaten Bulungan, Tana Tidung, Malinau dan Nunukan.

Perkebunan kelapa sawit juga telah mampu membantu menurunkan angka kemiskinan dan tingkat pengangguran di Kalimantan Utara, bahkan mampu menampung tenaga kerja Indonesia (TKI) yang dideportasi dari Malaysia. Pemprov Kaltara telah mengalokasikan lahan seluas 808.900 hektare. Sudah termanfaatkan baru sekitar 526.464 hektare untuk perkebunan kelapa sawit beserta pabriknya.

Total produksi CPO Kaltara mencapai 2.105.859 ton per tahun. Pemprov juga telah mencanangkan program Food and Rice Estate di tiga kabupaten: Bulungan, Malinau, dan Nunukan. Program ini selain untuk pangan masyarakat Kaltara, juga ditujukan untuk mendukung ketahanan pangan jika nantinya Ibu Kota Negara pindah ke Kalimantan Timur.

Untuk lumbung pangan ini, selain pertanian, Pemprov Kaltara juga memiliki potensi di sektor perikanan. Baik perikanan tangkap maupun perikanan budidaya. Produksi perikanan tangkap pada 2020 lalu mencapai 25.804 ton. Sedangkan perikanan budidaya produksinya mencapai 536.896 ton.

Baca juga : Menteri PPN: Ketiadaan Haluan Negara Bikin Perspektif Pembangunan Memendek

"Jenis utamanya adalah kepiting, udang windu dan bandeng," kata Yansen.

Pihaknya juga telah menyusun studi kelayakan pariwisata di dua kabupaten: Malinau dan Tana Tidung pada 2020. Dua kabupaten ini memiliki potensi pariwisata budaya dan alam. Pada 2019 lalu jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kaltara sekitar 547.313 kunjungan, baik lokal maupun asing.

Jumlah tersebut tidak sebanding dengan jumlah ketersediaan hotel di Kaltara saat ini, sehingga dibutuhkan investasi di bidang industri pariwisata seperti perhotelan, agen perjalanan, money changer, transportasi, kuliner dan lainnya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.