Dark/Light Mode

BRI Patok Transaksi Rp 932,05 M Di Pameran UMKM Expo BRILianpreneur 2021

Rabu, 1 Desember 2021 13:21 WIB
Pameran virtual UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021, di Jakarta, Rabu (1/12). (Foto; Istimewa)
Pameran virtual UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021, di Jakarta, Rabu (1/12). (Foto; Istimewa)

 Sebelumnya 
Ia menegaskan, pelaksanaan event bertujuan untuk memperbesar peranan UMKM secara nasional maupun secara global. Sebab, UMKM mendominasi 99 persen dari total entitas usaha di Indonesia.

Saat ini kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pun mencapai 61 persen dan mampu menyerap tenaga kerja hingga 97 persen. Besarnya kontribusi UMKM di kancah global juga membantu memperbaiki neraca pembayaran Indonesia.

Sunarso melanjutnya, sebagai bank yang berfokus pada sektor UMKM, BRI melihat adanya peluang besar bagi produk-produk Indonesia untuk masuk ke pasar global.

Baca juga : KBRI Damaskus Ramaikan Pameran Re-Build Syria 2021

Hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain.

BRI sambungnya, akan memberikan bimbingan yang berkelanjutan untuk menjangkau pasar yang lebih luas bagi UMKM. Pelatihan ini ditujukan agar pelaku usaha dapat mencapai standar produk internasional.

“Narasumber yang dihadirkan merupakan mereka yang ahli, berpengalaman dan memiliki expertise di bidangnya masing-masing," katanya.

Baca juga : KBRI Roma Promosikan Buah Tropis Indonesia Di Pameran Macfrut 2021

Salah satu pembahasan yang diangkat mencakup bidang pemasaran global dan ekspor barang, serta prosedur legal dan administrasi ekspor produk ke mancanegara.

Senior Executive Vice President Treasury & Global Services BRI Achmad Royadi mengatakan, tingginya target nilai transaksi tahun ini dipicu oleh peningkatan kepesertaan jumlah UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021, yang mencapai lebih dari 500 UMKM.

"Senada dengan jumlah pengunjung juga ditargetkan meningkat hingga 150 ribu pengunjung. Kemudian kepesertaan negara juga lebih banyak, ada 30 negara," jelasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.