Dark/Light Mode

Pertemukan Pengusaha Dengan Pembeli LN, UMKM Export BRILian Preneur 2019 Dibuka Jokowi

Jumat, 20 Desember 2019 12:56 WIB
Presiden Jokowi saat membuka UMKM Export BRILian Preneur 2019” di Assembly Hall JCC, Jakarta, Jumat (20/12). (Foto: Humas BRI)
Presiden Jokowi saat membuka UMKM Export BRILian Preneur 2019” di Assembly Hall JCC, Jakarta, Jumat (20/12). (Foto: Humas BRI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai wujud kontribusi serta terobosan dalan kaitannya pemberdayaan UMKM Indonesia, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menggelar “UMKM Export BRILian Preneur 2019” di Assembly Hall JCC, Jakarta, 20-22 Desember 2019.

Acara ini dibuka langsung oleh Presiden Jokowi, didampingi Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koperasi Usaha Kecil & Menengah Teten Masduki, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, dan Direktur Utama Bank BRI Sunarso.

Presiden Jokowi (kiri) bersama Direktur Utama BRI Sunarso (tengah) dan Erick Thohir (kanan) mampir di salah satu stan UMKM Export BRILian Preneur 2019” di Assembly Hall JCC, Jakarta, Jumat (20/12). (Foto : Humas BRI)

Sunarso mengungkapkan UMKM Export BRILian Preneur 2019 diselenggarakan dengan tujuan utama mempertemukan pengusaha UMKM dengan pembeli potensial dari luar negeri. Serta untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pengusaha UMKM, untuk berorientasi ekspor.

Kegiatan ini diikuti 155 UMKM binaan Bank BRI dan Rumah Kreatif BUMN (RKB) BRI yang bergerak di bidang usaha seperti fashion, makanan dan minuman, dan kerajinan (Craft & Home Décor).

Baca juga : Manjakan Pelanggan Setia, Miniso Fans Festival 2019 Digelar 6 Hari

Bank BRI juga mendatangkan pembeli potensial dari luar negeri, yang diharapkan akan semakin membuka akses produk UMKM Indonesia ke mancanegara.

"Ada 74 pembeli potensial yang datang dari 16 Negara dari Benua Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia, dan Australia", imbuh Sunarso.

UMKM Export BRILian Preneur 2019 memiliki konsep pameran atau expo, yang menampilkan hasil produk UMKM binaan Bank BRI.

Selain itu, Bank BRI juga menyuguhkan acara Business Matching, Talkshow, UMKM Award, Barista Competition, Artist Performance, hingga Art Instalation.

Baca juga : Sukeskan Piala Dunia U-20, PSSI dan Pemerintah Bentuk Dua Tim

Terkait pemberdayaan UMKM, Bank BRI berkomiten untuk terus berkontribusi dalam hal pengembangan UMKM. Salah satunya, melalui peningkatan porsi pembiayaan yang akan ditingkatkan menjadi 80 persen pada tahun 2022.

Bank BRI telah menyalurkan kredit Rp 903,14 rriliun. 77,60 persen di antaranya, disalurkan ke segmen UMKM. Porsi tersebut akan terus ditingkatkan hingga 80 persen, pada tahun 2022.

Selain itu, Bank BRI saat ini memiliki Rumah Kreatif BUMN terbanyak, atau sejumlah 54 RKB BRI dengan jumlah anggota mencapai 398 ribu. BRI juga tercatat telah mengadakan 3.994 pelatihan.

Untuk mendorong pelaku UMKM naik kelas, Bank BRI memiliki program pendampingan dan pelatihan yang di beri nama BRIncubator.

Baca juga : Koperasi dan UMKM Didorong Lakukan Restrukturisasi

Bank BRI pun memiliki BRI Microfinance Center (BMC), yang merupakan lembaga riset dan konsultasi yang didirikan Bank BRI untuk mendampingi UMKM, agar terus tumbuh dan mampu bersaing di pasar.

Selama November – Desember 2019, Bank BRI juga menggelar CSR BRI Peduli berupa pelatihan 10.000 UMKM di seluruh Indonesia, sebagai upaya mendorong pelaku UMKM naik kelas.

Puncaknya, perseroan menggelar UMKM Export BRILIan Preneur 2019, yang merupakan salah satu terobosan baru dan inovasi, dalam kaitan pemberdayaan UMKM di Indonesia.

"Selain untuk mendorong dan memfasilitasi pelaku UMKM Go Global, sehingga memiliki daya saing internasional, acara ini merupakan langkah nyata Bank BRI untuk membantu pemerintah dalam mengurangi defisit transaksi berjalan melalui peningkatan ekspor," pungkas Sunarso. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.