Dark/Light Mode

Cukup Pakai Smartphone, TASPEN Otentikasi Bikin Urusan Ambil Duit Pensiunan Makin Gampang

Sabtu, 4 Desember 2021 09:48 WIB
Petugas TASPEN melayani pensiunan ASN dengan penuh profesionalitas. (Foto: Humas TASPEN)
Petugas TASPEN melayani pensiunan ASN dengan penuh profesionalitas. (Foto: Humas TASPEN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau TASPEN berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan/program bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pensiunan ASN.

Komitmen ini diwujudkan melalui program Digitalisasi Layanan TASPEN yang mengintegrasikan informasi data peserta, keluarga peserta, mutasi, dan hitungan pembayaran secara digital.

Salah satu layanan digital unggulan TASPEN, yakni Taspen Otentikasi memudahkan pensiunan melakukan pembuktian fisik pembayaran hak pensiunan. Hanya dengan mengarahkan kamera smarphone pada wajah peserta, tanpa harus datang ke kantor mitra bayar.

Taspen Otentikasi memanfaatkan data biometrik peserta, yang bersifat unik untuk setiap individu. Sehingga, pembayaran hak pensiun terhindar dari kekeliruan.

Terkait hal ini, Direktur Utama TASPEN ANS Kosasih berharap, kehadiran layanan TASPEN Otentikasi dapat memudahkan para peserta menerima pembayaran haknya. Serta meminimalisir terjadinya kesalahan teknis pembayaran, secara manual.

Baca juga : BKNDI Ingin Majukan Pendidikan Keagamaan

"Kami juga merawat sistem aplikasi TASPEN Otentikasi ini secara berkala, untuk menjaga keamanan data dan menghindari gangguan operasional," kata ANS Kosasih.

Melalui sistem digital ini, TASPEN berharap, pihaknya dapat mewujudkan proses pembayaran secara real time kepada peserta dengan tingkat akurasi tinggi.

"TASPEN sebagai perusahaan yang mengedepankan kemudahan bagi peserta, tetap berkomitmen untuk selalu menghadirkan inovasi dalam melayani seluruh pensiunan ASN di Indonesia," tandas ANS Kosasih.

Jutaan pengguna Taspen Otentikasi telah merasakan manfaat dari aplikasi unggulan ini. Per 19 November 2021, jumlah pengguna Aplikasi Taspen Otentikasi telah mencapai 2.856.021 peserta.

Inovasi ini mengacu pada lima prinsip yang dimiliki TASPEN, yaitu Tepat Orang, Tepat Waktu, Tepat Administrasi, Tepat Tempat, dan Tepat Jumlah. Sehingga, penyaluran hak peserta tidak salah sasaran.

Baca juga : Pakai Suspensi Baru, Bantingan Xpander Makin Nyaman

Dengan melakukan otentikasi melalui aplikasi, pensiunan dapat mengambil uang/gaji pensiun melalui ATM.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan otentikasi adalah sebagai berikut:

1. Penerima yang akan melakukan otentikasi harus sudah melakukan enrollment, atau perekaman data biometrik di kantor cabang TASPEN atau mitra bayar terdekat.

2. Penerima pensiun harus melakukan otentikasi secara berkala sesuai dengan kriteria berikut:

a. 1 bulan sekali bagi Penerima Tunjangan Veteran dan Dana Kehormatan.

Baca juga : Merger Operator Telekomunikasi Bikin Persaingan Bisnis Makin Sehat

b. 2 bulan sekali bagi Penerima Pensiun yang tidak mempunyai ahli waris tertunjang.

c. 3 bulan sekali bagi Penerima Pensiun yang masih mempunyai ahli waris tertunjang.

3. Bagi Pensiunan yang tidak melakukan otentikasi, pembayaran uang pensiun akan dihentikan sementara sejak 3 bulan dari waktu otentikasi.

4. Bagi Pensiunan yang telah meninggal, atau anak tertunjang yang telah dewasa /menikah/bekerja namun tidak melaporkan ke Mitra Bayar atau Kantor Cabang TASPEN, maka akan ditagih dari kelebihan bayar yang terjadi.

5. Jika mengelami kegagalan saat melakukan otentikasi, peserta dapat mengecek jaringan (sinyal) pada smartphone, mengecek pencahayaan, atau dapat menghubungi kantor bayar terdekat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.