Dark/Light Mode

6 Usaha Jadi Pemenang Youth Co:Lab, Ini Daftarnya

Rabu, 8 Desember 2021 21:31 WIB
Pengumuman pemenang Youth Co:Lab. (Foto: ist)
Pengumuman pemenang Youth Co:Lab. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ekang Mangrove Park, sebuah wirausaha muda di bidang pariwisata lingkungan yang berasal dari Kepulauan Riau, terpilih sebagai pemenang program pengembangan wirausaha muda,Youth Co:Lab.

Program tersebut diselenggarakan oleh Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pembangunan (UNDP) Indonesia bersama dengan Citi Foundation dan didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Pemenang kedua adalah Econella, wirausaha di bidang energi dan pengolahan limbah yang berasal dari Sulawesi Selatan, dan pemenang ketiga adalah SPAIRUM, wirusaha muda di bidang pengolahan air minum dari Kalimantan Barat. Para pemenang berhasil terpilih setelah melalui proses final pitching di acara Youth Co:Lab Bootcamp yang di ikuti oleh 10 finalis.

Baca juga : Anies Dapat Berkahnya

Tiga pemenang lainnya adalah The Rainbow English Centre yang fokus pada pengembangan sumber daya manusia di daerah perkampungan nelayan di Kutai Timur. Kemudian Elok by Ibu ya yang berfokus pada pemberdayaan perempuan di DKI Jakarta dan Rumah Mangrove yang memiliki produk mangrove untuk meningkatkan nilai tambah dan taraf hidup nelayan, serta memperbaiki ekosistem pesisir di Bali. 

Para pemenang mendapatkan hibah dari UNDP, Citi Foundation, dan Kemenpora dengan total Rp 53 juta untuk lebih memperkuat bisnis dan dampak usaha sosial yang dijalankan.

10 finalis wirausaha muda yang di antaranya Carbon Addons, Econella, EcoplastID, Gerakan Muda Sadar Gizi, Ekang Mangrove Park, The Rainbow English Center, Elok by Ibu, SPAIRUM, Rumah Mangrove, dan Econella, terpilih dari 116 peserta yang mengikuti tiga bulan lokakarya dan pendampingan yang diselenggarakan dan bekerja sama dengan Platform Usaha Sosial (PLUS) dan Akademi Kewirausahaan Masyarakat (AKM).

Baca juga : Ini Dia Para Pemenang Indonesia Healthcare Innovation Awards V-2021

Peserta Youth Co:Lab tahun ini terbagi atas lima kategori yakni pendidikan, ekonomi kreatif, kesehatan, lingkungan khususnya kehutanan dan pengelolaan limbah, serta pertanian dan energi terbarukan. Di dalam lokakarya dan pendampingan tersebut, para peserta dibekali dengan ilmu mengenai analisa bisnis dan juga persiapan pitching.

Youth Co: Lab merupakan program dukungan Citi Foundation yang mencerminkan misi global Pathways to Progress sebagai upaya meningkatkan kemampuan kerja dan peluang ekonomi bagi generasi muda berpenghasilan rendah dan rentan.

Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Puni A. Anjungsari mengatakan, sebagai penerus bangsa, generasi muda perlu memiliki daya saing yang tinggi agar dapat membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Hal tersebut tentunya perlu diimbangi dengan keterampilan yang mumpuni.

Baca juga : Gimana Kelakuan Nadiem Saat SD, Begini Kata Gurunya

Selaras dengan misi dan komitmen Citi Foundation, pihaknya terus mendukung pelaksanaan program Youth Co:Lab yang telah memasuki tahun keempat. “Melalui pendampingan dan pelatihan, kami membantu para generasi muda dalam memaksimalkan keterampilan dan pengetahuan mereka agar mampu memanfaatkan dengan baik setiap peluang yang ada dengan baik,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.