Dark/Light Mode

6 Usaha Jadi Pemenang Youth Co:Lab, Ini Daftarnya

Rabu, 8 Desember 2021 21:31 WIB
Pengumuman pemenang Youth Co:Lab. (Foto: ist)
Pengumuman pemenang Youth Co:Lab. (Foto: ist)

 Sebelumnya 
Data BPS tahun 2021 menunjukkan bahwa generasi muda menduduki tingkat pengangguran terbuka tertinggi selama pandemi Covid-19, yaitu sebesar 11,3 persen untuk lulusan tingkat pendidikan SMK dan sebesar 9,09 persen untuk lulusan tingkat pendidikan SMA.

“Kami berharap agar program ini mampu menghadirkan ekosistem kewirausahaan Indonesia yang lebih mendukung, serta memberi kesempatan bagi generasi muda untuk hadir dengan beragam solusi inovatif yang mampu mengatasi berbagai tantangan yang ada di masyarakat, terutama dalam masa pandemi ini,” ungkap Puni.

Wakil Kepala Perwakilan UNDP Indonesia, Sophie Kemkhadze mengatakan, pihaknya percaya bahwa pelibatan kaum muda sangat penting dalam mendorong inovasi dan kewirausahaan sosial yang berkontribusi dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang selaras dengan SDGs.

Baca juga : Anies Dapat Berkahnya

Dia menambahkan, program Youth Co:Lab merupakan salah satu upaya UNDP mendorong pengembangan ekosistem kewirasuhaan muda di berbagai daerah di Indonesia dan memastikan bahwa tidak ada yang tertinggal (no one left behind) dalam proses pembangunan yang inklusif dan berkeadilan.

Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, Kemenpora Imam Gunawan mengatakan, Kemenpora mendukung dan mendorong perkembangan ekosistem kewirausahaan pemuda di Indonesia salah satunya melalui Youth Co:Lab yang dijalankan UNDP bersama dengan Citi Foundation. 

“Bersama-sama kita bangun dan kobarkan semangat berwirausaha di tengah-tengah para pemuda Indonesia, terkhusus di momen pandemi ini sebagai sebuah titik balik bagi perekonomian Indonesia,” ujarnya.

Baca juga : Ini Dia Para Pemenang Indonesia Healthcare Innovation Awards V-2021

Final pitching 10 finalis Youth Co:Lab dilangsungkan bersama dengan Tech in Asia (TIA) yang dihadiri oleh panel juri yang merupakan investor, praktisi bisnis, dan pemerintah di antaranya Awang Dhewangga dari UMG IdeaLab Indonesia, Bapak Dzikro dari Kemenpora, dan Ossy Indra Wardhani dari GDP Venture.

“Kami merasa bangga dengan kesempatan yang diberikan khususnya menjadi perwakilan dari Kalimatan Timur. Semua materi dan pembelajaran sangat berguna agar bisnis dan dampak sosial yang diberikan lebih baik lagi,” kata Flora, founder The Rainbow English Centre, salah satu pemenang Youth Co:Lab 2021.

Para pemenang berkesempatan mewakili Indonesia pada Youth Co:Lab Asia-Pacific Summit 2022, acara yang mempertemukan wirausaha muda, perwakilan bisnis, dan perwakilan pemerintah dalam membangun lingkungan yang mendukung inovasi dan kewirausahaan sosial pemuda. Para partisipan akan menyampaikan ide-ide mereka pada audiens di Asia Pasifik.

Baca juga : Gimana Kelakuan Nadiem Saat SD, Begini Kata Gurunya

Di tahun ini, Youth Co:Lab turut didukung oleh UN Covid-19 Response and Recovery Multi-Partner Trust Fund (MPTF), sebuah inisiatif bersama yang dilaksanakan oleh UNDP, ILO, UNAIDS dan UNHCR dalam memberikan dukungan pasca pandemi untuk populasi rentan di Indonesia, termasuk kaum muda dan perempuan. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.