Dark/Light Mode

Bank Mandiri Dan MIND ID Teken Kerja Sama Notional Pooling

Selasa, 21 Desember 2021 14:22 WIB
Kerja sama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan Mining Industri Indonesia (MIND ID). (Foto: ist)
Kerja sama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan Mining Industri Indonesia (MIND ID). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan Mining Industri Indonesia (MIND ID) melakukan kerja sama sebagai sinergi BUMN untuk mendorong perkembangan industri pertambangan di Indonesia, melalui Skema Notional Pooling.

Langkah ini menjadi upaya Bank Mandiri, untuk selalu memberikan solusi terbaik kepada nasabah yang telah memberi kepercayaan kepada Bank Mandiri sebagai partner finansial pilihan.

Skema Notional Pooling adalah salah satu solusi keuangan untuk membantu pengelolaan funding perusahaan, dalam satu grup agar lebih efektif serta sebagai alat dalam monitoring likuiditas keuangan perusahaan dalam grup usaha.

Baca juga : RI Dan Jepang Perkuat Kerja Sama Seni Dan Budaya

“Layanan berbasis teknologi ini diyakini mampu menjadi jembatan antara perusahaan yang memiliki kebutuhan dana jangka pendek, dengan perusahaan yang memiliki dana idle tanpa adanya perpindahan dana antarperusahaan dalam satu grup,” jelas Direktur Treasury & International Banking Panji Irawan dalam keterangan resminya, Selasa (21/12).

Perjanjian kerja sama untuk Skema Notional Pooling ini ditanda tangani oleh Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Susana Indah Kris Indriati dengan didampingi oleh Direktur Treasury & International Banking Panji Irawan, Direktur Keuangan MIND ID Devi Pradnya Paramita, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT ANTAM Tbk Anton Herdianto, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Bukit Asam Tbk Farida Thamrin serta Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Timah Tbk Wibisono.

Menurut Panji Irawan, tengah kondisi perekonomian yang cukup menantang saat ini, pengelolaan likuiditas menjadi salah satu kunci utama kesuksesan, dan solusi yang tepat untuk pengelolaan likuiditas keuangan grup usaha adalah dengan Skema Notional Pooling dengan beberapa keunggulan utama. Antara lain monitoring saldo konsolidasi secara harian, tidak terdapat perpindahan dana, mengurangi mis-match cash flow pada peserta pooling dan efisiensi.

Baca juga : Bangkitkan Semangat Pemuda, Kementerian PPN Dan Kemenpora Gelar Dialog Nasional

Panji mengatakan, selain layanan Notional Pooling, Bank Mandiri selaku bank yang dimiliki oleh pemerintah, mentransformasi digital experienc-nya untuk menjawab kebutuhan nasabah retail dan wholesale serta tantangan tren digitalisasi layanan perbankan, dengan meluncurkan inovasi produk terbaru yaitu Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri, dengan konsep layanan digital single access untuk nasabah wholesale dan Digital Super Platform Livin by Mandiri untuk nasabah individu.

Ia berharap, Bank Mandiri juga dapat tumbuh sejalan dengan perkembangan bisnis Grup MIND ID melalui sinergi BUMN dan tetap menjadi partner bank utama bagi MIND ID, sebagai BUMN holding industri pertambangan Tanah Air. “Bagi kami, kesuksesan Grup MIND ID adalah bagian dari milestone penting bagi Bank Mandiri,” ujarnya.

Direktur Keuangan MIND ID Devi Pradnya Paramita berharap, kerja sama ini dapat mengoptimalkan dan mengefisiensikan manajemen kas perusahaan, serta meningkatkan sinergi, tidak hanya antar Grup MIND ID tetapi juga sinergi antar BUMN. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.