Dark/Light Mode

Erick: Alhamdulillah, Di Tengah Pandemi, Kinerja Positif Kementerian BUMN Bisa Ditingkatkan

Kamis, 30 Desember 2021 17:54 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (depan, kedua kiri) bersama jajaran petinggi BUMN. (Foto: Humas BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir (depan, kedua kiri) bersama jajaran petinggi BUMN. (Foto: Humas BUMN)

 Sebelumnya 
Di luar program yang bersifat bisnis korporasi, KBUMN juga melakukan transformasi human capital.

Pada 2021, KBUMN berhasil merealisasikan target kesetaraan gender, dengan penempatan 15 persen kaum perempuan pada posisi direksi BUMN.

Baca juga : PKB: Presidential Threshold Diturunkan, Politik Identitas Bisa Dicegah

Selain itu, KBUMN juga membuktikan menjadi tempat ideal bagi kalangan milenial. Target 5 persen kursi pimpinan BUMN dipimpin kaum muda  mampu direalisasikan.

Terobosan human capital ini jelas menjadi angin segar dan atmosfer baru, yang belum pernah terjadi sebelumnya di BUMN.

Baca juga : Survei IPO: Di Bidang Ekonomi, Kinerja Kementerian BUMN Terbaik

"Hal penting lainnya, Kementerian BUMN mampu menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap pelaksanaan good corporate governance, untuk mendukung terciptanya transparansi dan akuntabilitas. Oleh karenanya, sejak awal, saya terus menekankan tentang Akhlak sebagai core kita sebagai pejabat publik. Sehingga loyalitas, integritas, dan komitmen kita terhadap negara selalu menjadi yang utama," beber Erick.

Selama 2021, KBUMN mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan dari BPK. Ini adalah pencapaian 14 tahun berturut-turut. 

Baca juga : Di Tengah Pandemi, JARI Lanjutkan Pembangunan Berkelanjutan

Selain itu, KBUMN juga memperoleh status 100 persen taat dan patuh dalam penyampaian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), meraih skor tertinggi sepanjang sejarah KBUMN untuk Sistem Merit ASN. Sehingga menempati peringkat Kementerian dan Lembaga Pemerintahan terbaik, dan dianugerahi kategori Sangat Memuaskan untuk kerapihan administrasi. Serta memperoleh KPPU Awards sebagai bukti KBUMN mendukung persaingan usaha yang sehat.

"Tentu, keberhasilan di tahun 2021 ini harus disyukuri. Kami tidak boleh berpuas diri. Ini harus menjadi pelecut semangat agar kami terus bekerja, berkontribusi, dan menorehkan prestasi di tahun-tahun mendatang. Demi memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat dan bangsa Indonesia," pungkas Erick. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.