Dark/Light Mode

Operasional Bank Kembali Normal

Senin, 10 Juni 2019 06:13 WIB
Pelayanan Bank BRI mulai normal.
Pelayanan Bank BRI mulai normal.

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini sejumlah bank bakal beroperasi normal pascalibur Lebaran.Sebelumnya, beberapa bank juga telah beroperasi terbatas dalam melayani nasabah selama libur Lebaran.Sebut saja bank dengan aset terbesar di Tanah Air yakni PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) pada 8-9 Juni 2019 tetap membuka 148 unit kerjanya. 

Sekretaris Perusahaan BRI Bambang Tri Baroto menjelaskan, untuk 1 Juni dan 3 Juni 2019 unit kerja pembayaran gaji sebanyak 462 unit kerja akan tetap beroperasi di seluruh Indonesia. Sementara pada tanggal 3 Juni, 4 Juni ,6 Juni dan 7 Juni atau libur lebaran sebanyak 232 unit kerja akan beroperasi dengan layanan terbatas. 

Beberapa layanan perbankan yang tersedia selama masa tersebut antara lain pembukaan rekening, setor dan tarik tunai dan administrasi simpanan kartu/ tabungan. 

Layanan yang tidak bisa dilakukan pada periode tersebut yakni Real Time Gross Settlement (RTGS) dan kliring. Pun begitu dengan PT Bank Mandiri Tbk, selama cuti bersama libur Lebaran tetap mengoperasikan 350 kantor cabangnya secara terbatas pada 1 Juni, 3 Juni, 4 Juni , 6 Juni dan 7 Juni 2-19. 

Sementara di akhir pekan, yakni 1 Juni, 8 Juni dan 9 Juni, Bank Mandiri tetap mengoperasikan layanan weekend banking seperti biasa. Layanan perbankan yang disediakan masih terbatas antara lain pembukaan rekening, cek saldo, setor tunai, pemindahbukuan, penggantian kartu, pembukaan blokir, serta pembayaran delivery order SPBU ke Pertamina saja. 

Baca juga : Hari Ini, Tempat Rekreasi Rakyat Di Jakarta Kembali Dibuka

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri, Rohan Hafas menjelaskan, kantor cabang yang akan beroperasi selama liburan akan lebih dikonsentrasikan di luar Jakarta.“Hal ini sesuai dengan asumsi, banyak warga Ibukota yang akan mudik ke luar kota pada periode tersebut,” ujarnya. 

Sebelumnya, Lebaran kedua yaitu pada 6 Juni 2019, kantor cabang di Jakarta yang beroperasi hanya lima cabang, dibandingkan dengan di Jawa Tengah 13 cabang dan 16 cabang di Jawa Timur. 

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) turut membuka layanan perbankan secara terbatas. Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan BNI Catur Budi Harto merinci, pada 1 Juni-2 Juni 2019 ada 79 outlet weekend banking BNI yang beroperasi. Pada 3 Juni-4 Juni 2019 68 outlet beroperasi terbatas. 

Khusus pada 5 Juni 2019 atau Hari Raya Idulfitri, BNI tutup. Sementara pada 6 Juni 2019 ada 27 outlet operasional terbatas yang dibuka, dan 68 operasional terbatas di 7 Juni 2019. 

“Sementara 8 Juni-9 Juni 2019 ada 79 outlet weekend banking yang siap melayani nasabah. Layanan operasional terbatas melayani buka dan maintenance rekening, tarik, setor, pindah buku, setoran BBM bank notes, billpayment dan collect document trade,” kata Catur. 

Baca juga : Kerahkan ALat Berat, PUPR Buka Kembali Jalur Kebon Kopi

BNI juga memiliki 14 cabang digital yang beroperasi penuh pada tanggal 1 Juni-4 Juni 2019 dan 6 Juni-8 Juni 2019. Kantor cabang digital ini bisa melayani pembukaan rekening, setor dan penarikan tunai melalui mesin cash recycling machine (CRM). 

Sedangkan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) juga tetap melayani nasabah sepanjang Juni 2019 kecuali pada 5 dan 6 Juni 2019, seluruh operasionalnya ditutup. Dan mulai hari ini bank spesialisasi kredit properti tersebut beroperasi penuh. 

Sementara PT Bank Central Asia Tbk (BCA), juga melakukan penyesuaian kegiatan operasional kantor cabang BCA selama libur Idul Fitri 2019. Di 8-9 Juni 2019 saat weekend, banking tetap beroperasi sementara di 10 Juni 2019, seluruh cabang beroperasi normal. 

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menjelaskan, selama libur Lebaran, nasabah tetap dapat memanfaatkan layanan BCA di manapun dan kapanpun melalui channel electronic banking BCA seperti BCA mobile, internet banking (KlikBCA), serta di 17 ribu ATM BCA. Sementara bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi setoran uang tunai dapat menggunakan mesin ATM Setor Tarik (ATM Setar) BCA yang telah tersebar di berbagai lokasi. 

Atau memanfaatkan fasilitas Tarik Tunai Tanpa Kartu yang dapat diakses melalui BCA mobile dan Sakuku. Selama Idulfitri, BCA telah mempersiapkan uang tunai untuk mengantisipasi kenaikan permintaan masyarakat akan uang tunai. 

Baca juga : Begal Jamus Kalimasada

“Kami menyediakan uang tunai sebesar Rp 51 triliun untuk Lebaran tahun ini, meningkat 13,3 persen bila dibandingkan tahun lalu,” terangnya dalam siaran pers yang diterima Rakyat Merdeka

Untuk memudahkan nasabah mengakses layanan solusi perbankan, BCA menawarkan cabang digital yang beroperasi di sejumlah pusat perbelanjaan.Nasabah yang berdomisili di Jakarta, Tangerang dan Surabaya, dapat mengakses cabang digital myBCA yang beroperasi sesuai jam buka mall, dari Senin sampai Minggu pukul 10.00-22.00 WIB. Selama libur Lebaran, dua cabang BCA Express tetap beroperasi pada 3 Juni hingga 7 Juni 2019, yaitu BCA Express Atrium Senen dan BCA Express Metropolitan Mall Cileungsi. 

Selama mudik dan berlibur, nasabah dan masyarakat dapat memanfaatkan uang elektronik Flazz BCA dan promo di berbagai merchant kerja sama diantaranya food & beverages, bookstore, tempat rekreasi, dan lain sebagainya. 

Transaksi perbankan seperti transfer pun kini makin mudah. Sebab, BCA telah menghadirkan fitur QRku di BCA mobile dan Sakuku sebagai solusi transfer dengan menggunakan teknologi QR. 

“Nasabah kini bisa melakukan transfer tanpa harus menghafal atau mengetik nomor rekening tujuan. Cukup share QR-nya, lalu di-scan, transferan beres,” kata Jahja. (DWI)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.