Dark/Light Mode

Sinergi Kemenkop UKM Dan Baznas Lewat Program Jaga Usaha Kian Diperkuat

Kamis, 6 Januari 2022 16:40 WIB
Foto: Dok. Kemenkop UKM
Foto: Dok. Kemenkop UKM

 Sebelumnya 
Ia berharap, dengan bantuan yang selama ini sudah diberikan dapat membangkitkan semangat berusaha. Sehingga kedepan perekonomian mereka bisa bangkit kembali usai diterpa pandemi.

Ketua Baznas Nur Chamdani menegaskan, pihaknya siap menjadi yang terdepan dalam upaya menjalankan program Jaga Usaha. Menurutnya program ini menjadi salah satu dari program utama selain dari program Jaga Ulama dan Jaga Yatim.

"Ke depan tentu menjadi komitmen Baznas, Insya Allah misi Baznas menjadi lembaga utama dalam mensejahterakan umat. Insya Allah permasalahan kemanusiaan tetap menjadi prioritas kami," imbuhnya.

Baca juga : Menko PMK Beberkan Lima Program Strategis Di 2022

Terkait dengan program Jaga Usaha, dia membenarkan bahwa selama ini telah menjalin sinergi yang erat dengan Kemenkop UKM.

Setidaknya ada dua skema dalam menjalankan program ini yaitu dengan memberikan dukungan berupa modal usaha bagi pelaku usaha mikro.

Kemudian Baznas memborong produk pelaku usaha mikro khususnya di sektor makanan dan minuman untuk selanjutnya didonasikan ke lembaga-lembaga kemanusiaan seperti panti, yayasan dan lainnya. Dua skema kerja dari Jaga Usaha ini sudah dijalankan bersama KemenKopUKM di tahun 2021 lalu.

Baca juga : Perketat Pengawasan, Kemenkop UKM Ubah Kategori Usaha Koperasi Seperti Perbankan

"Ada dua model BAZNAS dalam membantu usaha mikro pertama dengan memborong produk warung-warung kecil, kita beli lalu kita bagikan kepada para mustahiq korban Covid dan ada juga bantuan modal usaha bekerja sama dengan Kemenkop UKM," lanjutnya.

Sementara Ketua Yayasan Pundi Amal Bakti Ummat Qodiran, berterima kasih kepada Kemenkop UKM dan juga Baznas yang telah memberikan dukungan kepada yayasannya khususnya kepada anak-anak yatim yang diasuhnya.

Ia berharap program-program serupa dapat dilanjutkan sehingga akan semakin banyak anak yatim di Indonesia yang mendapatkan dukungan modal, spiritual dari pemerintah.

Baca juga : HNW Beri Program Tambahan Makanan Untuk Posyandu

Diketahui, dalam acara ini juga diserahkan berupa modal usaha secara simbolis bagi lima pelaku usaha mikro di wilayah Bekasi.

Selain itu juga dilakukan penyerahan santunan berupa kebutuhan pokok dan peralatan sekolah bagi anak-anak yatim piatu dari Yayasan Pundi Amal Bakti Ummat. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.