Dark/Light Mode

Slot Kapal Terbatas Bakal Jadi Ancaman Terhambatnya Ekspor

Minggu, 16 Januari 2022 15:49 WIB
Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi. (Foto: Ist)
Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Kendati begitu, Yukki menjelaskan, kelangkaan persoalan keterbatasan space kapal petikemas ini harus terus dicarikan solusinya karena telah mendorong fluktuasi freight yang sangat ekstrem pada sejumlah rute pengiriman internasional dan mengakibatkan kenaikan harga logistik.

Baca juga : Panen Kacang Tanah Di Sragen, Mentan Gerakkan Hilirisasi Hingga Ekspor

Pemberian subsidi kepada eksportir, lanjut Yukki, perlu dilakukan oleh Pemerintah, khususnya terhadap komoditas yang memiliki daya saing tinggi sehingga mampu mengubah cara pembayaran ekspor dari Free on Board (FOB) menjadi CIF dan memiliki bargaining terhadap buyer di luar negeri.

Baca juga : Soal Keterangan Palsu Aliza Gunado, KPK Akan Tentukan Sikap

"Selain itu, mendorong main line operator (MLO) secara berkesinambungan melakukan repositioning (repo) kontainer kosong yang masih tertahan di beberapa tempat di pelabuhan luar negeri," ungkapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.