Dark/Light Mode

Inovasi Beragam, Kereta Api Kian Jadi Pilihan

Rabu, 12 Juni 2019 12:09 WIB
Suasana ruang tunggu di Stasiun Senen, yang telah dimutakhirkan PT KAI dengan penambahan 620 kursi. Total kursi di stasiun tersebut, kini berjumlah 700. (Foto: Humas KAI)
Suasana ruang tunggu di Stasiun Senen, yang telah dimutakhirkan PT KAI dengan penambahan 620 kursi. Total kursi di stasiun tersebut, kini berjumlah 700. (Foto: Humas KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kereta api saat ini menjadi moda transportasi yang banyak dipilih masyarakat untuk bepergian, khususnya di musim mudik. Jumlah rangkaian kereta api terus ditambah tiap tahunnya. Namun, ada saja masyarakat yang tidak kebagian tiket, saking banyaknya peminat.

Di samping harga tiket yang relatif terjangkau, ketepatan waktu tempuh dan faktor keselamatan yang lebih terjamin adalah daya tarik tersendiri dari kereta api. Selain itu, kereta api juga kian menyedot perhatian dengan beragam tambahan fasilitas, yang membuat masyarakat makin nyaman dalam bepergian.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI sebagai satu-satunya BUMN operator penyedia jasa layanan kereta api di Indonesia terus melakukan inovasi. Teranyar, KAI meluncurkan kereta sleeper jenis baru yang diberi nama Luxury 2. Ini merupakan respons KAI atas tingginya minat masyarakat, dalam menggunakan KA Luxury generasi pertama.

Baca juga : Hari Pertama Kerja, Sesmenpora Semangati Pegawai

“Minat masyarakat untuk menggunakan Kereta Luxury generasi pertama sangat positif. Rata-rata okupansi kereta Argo Bromo Anggrek Luxury (Gambir-Surabaya Pasar Turi pp) mencapai 108 persen,” ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

Fasilitas yang disediakan dalam gerbong KA Luxury 2 berkapasitas 26 seat ini terkesan mewah, dengan hadirnya kursi yang bisa diputar 140 hingga 180 derajat, dan memiliki sandaran kaki. Selain itu, terdapat fasilitas lain yaitu televisi di setiap kursinya, USB port, selimut, lampu baca, train attendance button serta mini bar.

KAI juga menyediakan ruang tunggu yang lebih nyaman, bagi penumpang yang memilih menggunakan KA Luxury. Tak hanya itu, penumpang juga disediakan makanan berat, minuman, dan makanan penutup sebanyak satu kali selama perjalanan.

Baca juga : ABK Indonesia Bahagia Berlebaran di Helsinki

Makanan dan minuman disajikan dengan kemasan ramah lingkungan untuk mengurangi sampah plastik (green pack), yang merupakan inovasi salah satu anak perusahaan KAI yaitu PT Reska Multi Usaha.

Untuk melengkapi layanan bagi penumpang KA Luxury, di Stasiun Gambir dan Surabaya Pasarturi, telah tersedia ruang tunggu khusus bagi penumpang KA Luxury. Selain itu, dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap moda transportasi KA menjelang angkutan Lebaran, mulai Selasa (14/5), KAI menambah frekuensi perjalanan KA Pangrango.

Kini total jumlah perjalanan yang dilayani di rute tersebut menjadi 12 perjalanan KA. KA Pangrango Tambahan ini memiliki kapasitas penumpang yang sama dengan KA Pangrango eksisting, yakni satu kereta eksekutif dengan 50 tempat duduk dan empat kereta ekonomi dengan kapasitas 424 penumpang. Total, ada 474 tempat duduk dalam satu rangkaian.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.