Dark/Light Mode

Inovasi Beragam, Kereta Api Kian Jadi Pilihan

Rabu, 12 Juni 2019 12:09 WIB
Suasana ruang tunggu di Stasiun Senen, yang telah dimutakhirkan PT KAI dengan penambahan 620 kursi. Total kursi di stasiun tersebut, kini berjumlah 700. (Foto: Humas KAI)
Suasana ruang tunggu di Stasiun Senen, yang telah dimutakhirkan PT KAI dengan penambahan 620 kursi. Total kursi di stasiun tersebut, kini berjumlah 700. (Foto: Humas KAI)

 Sebelumnya 
Di rute Bandung-Semarang Tawang (PP), mulai 1 Juni 2019, KAI juga menambah frekuensi perjalanan KA Ciremai (Bandung – Semarang Tawang PP), dari dua perjalanan menjadi empat perjalanan per hari.

Tingginya minat masyarakat menggunakan moda kereta api tidak hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa. Di Pulau Sumatera, peningkatan volume penumpang terjadi pada LRT Palembang. Untuk mengakomodir minat masyarakat yang tinggi, sejak Jumat (7/6), jumlah perjalanan LRT ditambah dari 52 menjadi 58 perjalanan per hari.

Pada momen perdananya melayani Angkutan Lebaran, LRT Palembang tercatat mengangkut 184.897 penumpang pada periode 26 Mei sampai 11 Juni 2019.

Baca juga : Hari Pertama Kerja, Sesmenpora Semangati Pegawai

Dalam hal ini, KAI tidak hanya berfokus meningkatkan okupansi penumpang saja. Sebagai perusahaan penyedia jasa layanan transportasi publik, KAI juga turut memperhatikan kenyamanan dan kepuasan penumpang. Antara lain, dengan menambah berbagai sarana dan prasarana di stasiun.

Salah satu penambahan fasilitas, bisa dilihat di Stasiun Pasar Senen. Stasiun Pasar Senen merupakan stasiun pemberangkatan penumpang terbanyak pada musim mudik, dari Jakarta ke berbagai kota di Pulau Jawa dan sebaliknya. Di stasiun ini, KAI melakukan penambahan fasilitas ruang tunggu dengan menambah kursi sebanyak 620, dari semula hanya 80 kursi. Sehingga saat ini, jumlahnya menjadi 700 kursi.

Selain itu, KAI juga melakukan perpanjangan peron (peron 3 dan 4) untuk mengakomodasi naik dan turun penumpang. KAI juga membuat ruang tunggu di berbagai stasiun lebih ramah anak, agar tetap nyaman saat menunggu keberangkatan.

Baca juga : ABK Indonesia Bahagia Berlebaran di Helsinki

Ruang tunggu di beberapa stasiun kini dilengkapi area bermain anak dan nursing room yang nyaman untuk memfasilitasi ibu yang membawa bayi/balita yang ingin memberikan ASI saat menunggu kereta api. Selain itu, untuk mengakomodasi minat masyarakat, terutama generasi milenial, kini di beberapa stasiun tersedia fasilitas coworking space.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro menjelaskan, saat ini ada sembilan stasiun yang telah dilengkapi dengan fasilitas coworking space. Semisal Stasiun Bandung, Gambir, Juanda, BNI City, Cirebon, Semarang Tawang, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, dan Stasiun Jember.

Ruangan ini juga dibangun untuk memfasilitasi penumpang kereta api yang harus tetap bekerja, meski sedang mudik atau bepergian. Adapun fasilitasnya terdiri dari koneksi internet, tempat duduk yang nyama,  dilengkapi meja dengan design yang artistik, serta interior ruangan yang colorful.

Baca juga : Pramono Anung: Pancasila Jangan Cuma Jadi Hapalan

Penumpang cukup menunjukkan boarding pass dengan tanggal keberangkatan atau kedatangan pada hari yang sama, untuk bisa menggunakan fasilitas ini. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.