Dark/Light Mode

Mulai Bisnis Dari Hobi, Ini Tips Dari ShopeePay

Kamis, 27 Januari 2022 16:06 WIB
Foto: Dok. Shopee Indonesia
Foto: Dok. Shopee Indonesia

 Sebelumnya 
Salah satu hal yang selalu terapkan apabila dihadapkan pada sebuah tantangan bisnis adalah, menyusun skala prioritas, mana yang memberikan dampak lebih besar pada bisnis.

"Dalam membangun skala prioritas, tentu saya harus menanamkan mindset sebagai seorang pebisnis, bukan lagi sekadar penggiat hobi. Merupakan suatu hal yang penting bagi para pebisnis dalam memasang mindset yang lebih strategis, holistik, dan berorientasi pada bisnis," katanya.

Senada, Co-Founder of Goban Cosmetics Angel Chyntia menuturkan, Goban Cosmetics selalu berusaha untuk melakukan inovasi melalui gebrakan-gebrakan yang dapat menjawab kebutuhan make up dari masyarakat dan industri beauty Indonesia.

Baca juga : Kurangi Limbah, Ini Tips Vania Herlambang Beli Produk Kecantikan

Melalui inovasi serta trial-and-error, saya mendapatkan kesempatan untuk belajar hal baru dan mengulik lebih dalam lagi dunia kecantikan yang belum pernah ditemui sebelumnya.

Selain dapat terus memacu semangat dan ketertarikan terhadap hobi yang telah dijalankan selama bertahun-tahun, hal ini juga sekaligus menjadi salah satu strategi pengembangan produk yang efektif.

"Tak hanya itu, saya bersama dengan Goban Cosmetics juga selalu menekankan kolaborasi sebagai salah satu cara untuk mengeksplorasi hal-hal baru," ungkap Angel.

Baca juga : Dimulai 12 Januari, Ini Kriteria Untuk Dapat Vaksinasi Booster

Founder of OMG Consulting & Co-Founder of Inspigo Yoris Sebastian mengatakan, mengubah hobi atau karya menjadi sebuah peluang bisnis memiliki privilese-nya sendiri.

Penggiat hobi tentu memiliki kedekatan personal dengan produk atau karya yang dihasilkan serta industri yang digeluti. Sehingga bisnis yang didirikan bisa membawa sentuhan cerita yang unik, orisinil, dan personal guna menciptakan brand yang lebih melekat di hati konsumen.

"Usaha ini juga tentunya harus diimbangi dengan kegiatan marketing dan branding yang mengacu pada preferensi dan perilaku konsumen. Serta bagaimana hobi kita dapat menjawab kebutuhan konsumen," jelasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.