Dark/Light Mode

BIC 2021 Dorong Barista Terus Berinovasi

Senin, 31 Januari 2022 22:03 WIB
Salah satu top 5 finalis saat bertanding merebut juara Barista Innovation Challenge 2021. (Foto: Merry Apriyani)
Salah satu top 5 finalis saat bertanding merebut juara Barista Innovation Challenge 2021. (Foto: Merry Apriyani)

RM.id  Rakyat Merdeka - Barista Innovation Challenge (BIC) 2021 sukses menemukan tiga pemenang dari 200 peserta pendaftar. Ajang kompetisi ini diselenggarakan untuk mencari peracik kopi terbaik dalam menciptakan kreasi kopi cita rasa lokal.

Managing Director BIC 2021, Sherley Ruslie mengatakan program ini juga diharapkan dapat mendorong para barista dan pelaku industri kopi menghadirkan trend baru dalam menciptakan menu khas.

"Jadi setiap barista bisa berkreasi dengan bahan lokal dan metodenya sendiri. Sehingga ketika kita mengunjungi satu coffee shop dengan coffee shop lainnya, menunya berbeda-beda," jelas Sherly.

Dia juga mengatakan karena mengandalkan cita rasa khas daerah, peserta membawa menu minuman yang dibuat dengan menggunakan salah satu bahan spesial mewakili kota masing-masing.

Baca juga : Wapres Minta NU Terus Genjot Kolaborasi Dan Inovasi

"Ada lho kemarin peserta yang membuat menu menggunakan jeruk bali. Kebetulan peserta memang berasal dari Bali," katanya lagi.

Dengan begitu, lanjut Sherly cita rasa lokal ini bisa diperkenalkan ke seluruh Indonesia, bahkan dunia. Pasalnya, pemenang dari BIC direncanakan akan diikutsertakan ke ajang dunia.

"Itu untuk rencana tahun depan. Tapi yang jelas pemenang BIC akan mendapat kesempatan karier lebih luas, selain memperkenalkan coffee shop mereka," sambungnya.

Champion Barista Innovation Challenge 2021 diraih oleh Bulan Aulia Agate dengan kreasi minuman Sweet Child O’ Mine. Kemudian Syahdila Surya Deagita sebagai Second Winner dan Dede Dwi Syahputra sebagai Third Winner.

Baca juga : Gubernur Dan Inohong Jabar Komitmen Perkuat Kebhinekaan

President Director Rotaryana Prima Karisma Kamdani menambahkan, tahun ini merupakan gelaran yang kedua. Hal unik yang membedakan penyelenggaran tahun ini adalah dengan adanya roadshow ke enam kota besar di Indonesia, yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, dan Makasar.

“Saya yakin dari pengalaman mengikuti BIC 2021 ini, setiap peserta mendapatkan pembelajaran dan pengalaman yang tak tergantikan, baik itu dari kompetisi maupun dari competitor yang ditemui pada BIC 2021,” ujar Karisma.

Rasa Group sebagai penyelenggara BIC (yang didukung Rotaryana Prima), melalui DRiPP akan meluncurkan program Dripp Give Back dalam mendukung berbagai kegiatan pengembangan industri minuman di Indonesia.

Dripp Give Back memiliki empat fokus utama, yaitu di bidang pendidikan, untuk memberikan pelatihan terbaik dalam pengembangan barista, bartender, dan mixologist. 

Baca juga : Menteri BUMN Dorong Batu Bara Untuk Penuhi Kebutuhan Nasional

Kemudian fokus pada komunitas, untuk mendukung wadah pengoptimalan daya saing dan transfer pengetahuan antar individu pecinta kopi. Fokus kewirausahaan, untuk mendorong bangkitnya perekonomian dengan semakin banyaknya wirausahawaan lokal. Serta fokus keempat dari bidang kemanusiaan untuk menjawab harapan dari mereka yang membutuhkan. 

Melalui program ini, DRiPP memberikan akses yang lebih mudah bagi pelaku industri minuman di Indonesia, untuk mendapatkan pelatihan, mendorong kegiatan komunitas yang mempercepat transfer pengetahuan, dan mendapatkan dukungan awal bagi para calon wirausaha yang ingin membuka usahanya. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.