Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perlu Wasit Lincah Awasi Industri Keuangan

Mirza Dan Fauzi Ichsan Warnai Bursa DK OJK

Rabu, 2 Februari 2022 08:30 WIB
Otoritas Jasa Keuangan. (Foto: Istimewa).
Otoritas Jasa Keuangan. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Panitia Seleksi (Pansel) pemilihan Dewan Komisioner-Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) merilis 155 nama yang lolos seleksi tahap bursa calon anggota DK OJK periode 2022-2027. Mereka berasal dari berbagai latar belakang.

Para calon berasal dari kalangan akademisi, praktisi, birokrat, profesional dan pejabat Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Selain itu, ada calon DK OJK yang saat ini masih menjabat. Yakni, Anggota Dewan Komisioner (ADK) Bidang Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen. Dan, ADK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Tirta Segara. Tercatat totalnya, ada 26 orang yang masuk dari unsur OJK. Dua orang dari pejabat setingkat ADK, 24 pejabat OJK terdiri dari 10 calon dari pejabat setingkat Deputi Komisioner. Sisanya, unsur pejabat advisor, direktur eksekutif dan Kepala Departemen OJK.

Baca juga : Metaverse Bakal Jadi Teknologi Tepat Bagi Industri Perbankan Di Masa Depan

Selain itu, ada nama-nama lain yang populer di industri jasa keuangan. Seperti mantan Dewan Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara, mantan Kepala Ek­sekutif Lembaga Penjamin Sim­panan (LPS) Fauzi Ichsan yang saat ini menjabat Komisaris IFG. Serta Iskandar Simorangkir yang tengah menjabat Deputi Menteri Koordinator Perekonomian.

Dari kalangan BUMN terda­pat nama Orias Petrus Moedak yang juga lolos seleksi tahap I. Orias pernah menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) Holding Industri Pertambangan Mining Industry Indonesia (MIND ID) pada 25 November 2019 hingga 29 Oktober 2021.

Kemudian, Komisaris Inde­penden IFG Yasril Rasyid, Direk­tur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Asabri (Persero) Helmi Imam Satriyono, Direktur Bisnis IFG Group/PT Bahana Pembi­naan Usaha Indonesia Persero Pantro Pander Silitonga, mantan Direktur PT Inalum Persero dan PT Bank Mandiri Persero Ogi Prastomiyono, Direktur Human Capital dan Kepatuhan BNI Bob Tyasika Ananta.

Baca juga : IKA Ikopin Dan MPR Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan

Mirza Adityaswara menyam­but baik namanya masuk dalam daftar tersebut. Ini terbukti dari balasan pesan singkat Mirza ke­pada Rakyat Merdeka pada Senin (31/1), yang berbentuk emot­icon lengan berotot dan telapak tangan menyatu. Yang mungkin bisa diartikan semangat dan minta maaf karena tidak dapat berkomentar lebih jauh.

Hasil seleksi tahap I tersebut tertuang dalam Surat Pengumu­man Nomor Peng-02/Pansel-DKOJK/2022 Pansel. Ketua Pansel DK OJK Sri Mulyani In­drawati mengatakan, calon Ang­gota DK OJK yang ditetapkan lulus Seleksi Tahap I (Seleksi Administratif).

“Selanjutnya dalam rangka Seleksi Tahap II nama yang akan lolos merupakan penilaian Masukan dari Masyarakat, Re­kam Jejak, dan Makalah,” kata Sri Mulyani dalam keterangan resminya, Senin (31/1).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.