Dark/Light Mode

Humas Indonesia Perlu Kembangkan Kompetensi

Kamis, 3 Februari 2022 11:56 WIB
Ketua Umum Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) Boy Kelana Soebroto. (Foto: Zoom)
Ketua Umum Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) Boy Kelana Soebroto. (Foto: Zoom)

 Sebelumnya 
Humas atau disebut juga Public Relation, perlu beradaptasi di era digital saat ini. Saat ini, interaksi secara online dan real time yang menjadi tren.

Kondisi pandemi pada akhirnya mendorong gelombang disrupsi untuk bergulung makin besar dan cepat. Sebuah tatanan baru terbentuk dan menjadi standar new normal yang berlaku di masyarakat. 

Chief Executive Officer sekaligus Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi Group Muhamad Ihsan menyatakan, dalam memberikan informasi kepada masyarakat, terutama di tengah kegelisahan pandemi ini, humas harus memperhatikan beberapa poin penting.

Baca juga : 5 Pemain Persija Dipanggil Timnas, Bepe: Ini Berat, Tapi...

"Kita harus mengkomunikasikannya dengan sebaik-baiknya serta dalam memberikan informasi juga harus berdasarkan data data yang konkret," ucapnya.

Untuk mengapresiasi kinerja selama satu tahun belakangan Warta Ekonomi melalui acara tahunan E-Awarding Indonesia Public Relation Awards 2022 IPRA mengumumkan penghargaan bagi Public Relation yang berjasa untuk perusahaan maupun masyarakat.

Public relation Awards ini adalah suatu penghargaan dari Warta Ekonomi yang melewati berbagai tahapan riset penelitian, terutama peran penting public relation dalam kelangsungan sebuah perusahaan. 

Baca juga : Adilson Cedera, Singo Edan Tanpa Kiper Utama Di Tiga Laga

"Bagaimana mereka berperan bagaimana mereka mengatur sedemikian rupa sehingga dikenal dan diminati oleh masyarakat maka peran public relation ini semakin hari semakin besar," ujar Founder sekaligus Komisaris Warta Ekonomi Fadel Muhammad.

Ia menyebutkan, berdasarkan penelitian di Warta Ekonomi, ada adaptasi public relation selama era pandemi Covid-19 yang sangat hebat. Untuk itu, Warta Ekonomi memberikan penghargaan kepada mereka yang melalui proses adaptasi dan inovasi digital public relation.

Dalam penelitian itu, terlihat ada tiga hal menarik yang dibuat para Insan public relation. Pertama, ketekunan mereka dalam menghadapi Covid-19. Terlihat kesungguhan para humas mencari beberapa terobosan. Kedua, memperbaiki diri dengan mencari teknologi sedemikian rupa. Dan yang ketiga, pembenahan internal insan-insan public relation.

Baca juga : Dubes Djauhari Bangga, Seniman Indonesia Selalu Diajak Pameran Internasional

"Untuk itu kami atas nama Warta Ekonomi mengucapkan selamat dan penghargaan ini kami berikan serangkaian penelitian yang dibuat oleh warta ekonomi. penghargaan Indonesia public relations Awards atau IPRA Tahun 2022 ini kita harapkan bisa membuat impact untuk masa depan yang lebih baik atau better future." papar Fadel.

Mereka yang meraih penghargaan ini adalah PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Pertamina (Persero), PT Bank DBS, dan masih banyak lagi. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.