Dark/Light Mode

Indeks Saham Asia Melonjak, Rupiah Ikut Happy

Rabu, 9 Februari 2022 09:48 WIB
Rupiah dan dolar AS. (Foto: ist)
Rupiah dan dolar AS. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pagi ini nilai tukar rupiah dibuka kembali menguat 0,14 persen ke level Rp 14.379 per dolar AS dibanding perdagangan kemarin di level Rp 14.399 per dolar AS.

Mayoritas mata uang di Asia bergerak menguat terhadap dolar AS.  Yen Jepang naik 0,09 persen, dolar Hong Kong menguat 0,01 persen, dolar Singapura naik 0,05 persen, peso Filipina menguat 0,24 persen, baht Thailand naik 0,13 persen, yuan China melonjak 0,03 persen, dan won Korea Selatan menguat 0,2 persen.

Baca juga : Investor Tunggu Data Inflasi AS, Rupiah Naik Tipis

Indeks dolar AS terhadap mata uang utama saingannya melemah 0,11 persen menjadi 95,500. Sementara nilai tukar rupiah terhadap euro menguat 0,25 persen ke level Rp 16.407, terhadap poundsterling Inggris juga menguat 0,24 persen ke level Rp 19.464, dan terhadap dolar Australia naik 0,19 persen ke level Rp 10.272.

Analis Pasar Uang, Ariston Tjendra melihat, nilai tukar rupiah menguat tipis terhadap dolar AS hari ini karena positifnya sentimen pasar terhadap aset berisiko pagi ini.

Baca juga : Gaya Hidup Sehat dapat Meningkatkan Imunitas

Misalnya, indeks saham Asia terlihat bergerak menguat pada Rabu (9/2) pagi. Senada, indeks saham AS dan sebagian indeks saham Eropa ditutup menguat pada perdagangan kemarin.

“Optimisme pasar terhadap pemulihan ekonomi masih mendukung sentimen positif tersebut, sehingga mendorong rupiah dan mata uang Asia lainnya menguat,” ucap Ariston di Jakarta, Rabu (9/2).

Baca juga : Kasus Covid-19 Melonjak, Bupati Garut : PTM Belum Ditutup

Meski begitu, menurutnya tekanan terhadap rupiah masih besar. Tekanan ini karena beberapa faktor, seperti kenaikan inflasi, kenaikan harga minyak mentah, ekspektasi kebijakan pengetatan bank sentral AS yang agresif, dan penularan Covid-19 yang meningkat di Indonesia.

Ia memproyeksi, sepanjang hari ini nilai tukar rupiah berpotensi bergerak di kisaran Rp 14.370-Rp 14,420 per dolar AS. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.