Dark/Light Mode

1 NFT Video Kecelakaan Bamsoet Dan Sean Laku 15 Ribu Dolar Di OpenSea

Jumat, 11 Februari 2022 21:29 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri) bersama Sean Gelael saat mengikuti eksebisi dalam Kejurnas Meikarta Sprint Rally 2021 di Sirkuit Meikarta. (Foto: Istimewa)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri) bersama Sean Gelael saat mengikuti eksebisi dalam Kejurnas Meikarta Sprint Rally 2021 di Sirkuit Meikarta. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satu video kecelakaan yang dialami Ketua MPR Bambang Soesatyo yang juga Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) bersama Sean Gelael saat mengikuti eksebisi dalam Kejurnas Meikarta Sprint Rally 2021 di Sirkuit Meikarta, sudah laku terjual. Hanya 23 jam setelah dirilis di https://opensea.io/bamsoet, video yang ditawarkan 5 ETH, laku terjual sebesar 5.0943 ETH atau 15.815,84 dolar AS (sekitar Rp 226 juta). Belum diketahui dari negara mana orang yang membeli video Non-Fungible Token (NFT) politisi yang akrab disapa Bamsoet tersebut.

The Block Crypto mencatat, transaksi NFT secara global pada Januari 2022 mencapai 6,89 miliar dolar AS atau sekitar Rp 98,7 triliun. OpenSea tetap menjadi dominan di pasar NFT, volume perdagangannya di blockchain Ethereum OpenSea sudah mencapai 4,21 miliar dolar AS (setara Rp 60,2 triliun) dari total perdagangan NFT global.

Baca juga : Bamsoet Akan Lepas 3 Video Eksklusif Kecelakaan Sprint Rally Di OpenSea

Kementerian Perdagangan mencatat, per Desember 2021, nasabah cryptocurrency dari berbagai jenis seperti Utility Token, Asset-Backed Token, Security Token, Decentralized Finance, hingga NFT, sudah mencapai 11 juta orang. Melesat jauh dibanding tahun 2020 yang berkisar dibawah 5 juta orang. 

“Akumulasi nilai transaksi aset Crypto pada tahun 2021 meningkat hingga Rp 859,45 triliun hanya dalam waktu satu tahun, atau rata-rata per hari mencapai Rp 2,3 triliun. Karenanya, Indonesia sudah harus mulai mempertimbangkan adanya Kementerian Ekonomi Digital, yang bisa memanfaatkan perkembangan ekonomi digital dunia untuk kemakmuran Indonesia," ujar Bamsoet di Jakarta, Jumat (11/2).

Baca juga : Presiden Resmikan Jalan Bypass Balige Senilai Rp 176 Miliar Di Toba

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, baru satu video yang dirilis, yakni yang berasal dari dalam kendaraan. Masih ada banyak video dan foto lagi yang akan dirilis sebagai aset digital NFT di OpenSea. 

"Seluruh hasil penjualan akan disumbangkan untuk pembangunan rumah ibadah. Langkah saya terjun ke dunia NFT adalah untuk menguatkan ekonomi digital Indonesia, sekaligus mendorong generasi muda memanfaatkan perkembangan dunia digital untuk mendapatkan kemanfaatan ekonomi. Termasuk juga negara tidak boleh ketinggalan untuk menjadikan perkembembangan teknologi ekonomi digital tersebut untuk peningkatan penerimaan negara atau pajak," jelas Bamsoet.

Baca juga : Kakak Kandung Bupati Langkat Yang Sempat Kabur, Tiba Di Markas KPK

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, NFT adalah aset digital yang unik dan tersimpan di dalam blockchain, yang mewakili objek dunia nyata, seperti seni, musik, video, game, dan lainnya. Setelah berhasil di mint, NFT akan selamanya tersimpan. Sehingga setiap perpindahan atau transaksi dari NFT akan tercatat dalam blockchain.

"Keberadaan NFT bisa dijadikan sumber pendapatan baru bagi para pembuat konten. Generasi muda dengan tingkat kreativitas yang tinggi, pasti bisa menghasilkan sebuah karya hebat yang bisa dijual melalui NFT. Terlebih dengan adanya kemajuan teknologi informasi tersebut, target pasar yang bisa didapat tidak hanya dari dalam negeri saja. Melainkan bisa diakses oleh berbagai orang dari seluruh penjuru negara dunia," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.