Dark/Light Mode

Manjain Konsumen Saat Natal dan Tahun Baru, KAI Maksimalkan Layanan

Jumat, 14 Desember 2018 11:34 WIB
Moda transportasi KA kini kian diminati masyarakat Indonesia. Selain aman dan nyaman, bepergian dengan KA juga lebih anti macet.  (Foto : IG @keretaapikita)
Moda transportasi KA kini kian diminati masyarakat Indonesia. Selain aman dan nyaman, bepergian dengan KA juga lebih anti macet. (Foto : IG @keretaapikita)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesi (KAI) meramal selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) akan terjadi lonjakan penumpang. Perseroan pun menyiapkan 79 perjalanan kereta api. Executive Vice President KAI Daop I Jakarta Dadan Rudiansyah mengatakan, masyarakat tak perlu khawatir terkait lonjakan penumpang saat Nataru. KAI Daop I menyiapkan 79 perjalanan. Angka ini naik 9 persen ketimbang Nataru tahun lalu, yang hanya 72 perjalanan. 

Total 79 perjalanan kerera api yang disiapkan terdiri dari pengoperasian 19 kereta api tambahan, 12 kereta api keberangkatan stasiun Gambir dan 7 kereta api keberangkatan stasiun Pasar Senen. Sedangkan, jumlah kereta api reguler yang beroperasi sebanyak 60 perjalanan dengan 35.336 tempat duduk. Pada tahun ini, kata dia, angkutan Nataru akan berlangsung selama 18 hari. Yakni mulai 20 Desember 2018 sampai 6 Januari 2019. Untuk memastikan pelayanan tetap maksimal, seluruh pegawai KAI dilarang mengambil cuti tahunan selama masa angkutan Nataru.

Baca juga : Jelang Natal & Tahun Baru, Kemenhub Siap Ngecek Pesawat

“Melihat volume penumpang yang meningkat, KAI Daop I menambah petugas yang berada di lintasan kereta api, serta fasilitas pendukung untuk keamanan dan kenyamanan penumpang. Diharapkan Nataru tahun ini sukses dan zero accident,” ujar Dadan di Jakarta, Kamis (13/12).

Untuk diketahui, wilayah operasi Daop I mulai dari Stasiun Merak di Banten hingga Stasiun Cikampek di Jawa Barat. Melintasi beberapa stasiun di wilayah DKI Jakarta, Banten, Bogor, Depok, Sukabumi, dan Karawang Jawa Barat. Menurut Dadan, KAI Daop I juga menyiagakan sarana posko kesehatan di lima lokasi. Yaitu Stasiun Pasar Senen, Gambir, Jatinegara, Cikampek, dan Sukabumi. KAI sendiri menyiapkan 32 tenaga medis profesional.

Baca juga : Tahun Baru, Pasokan Pangan Tetap Aman

Adapun fasilitas penumpang pendukung lainnya adalah penambahan kursi tunggu Stasiun Pasar Senen di zona tiga, penambahan kipas angin di Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Selain itu, menambah pembatas antrean untuk pengaturan zona tunggu penumpang di peron satu dan tiga stasiun Pasar Senen. “Kami juga melakukan penambahan signage (tanda atau informasi) di stasiun untuk lebih memperjelas petunjuk informasi. Kami juga menyediakan trolley di stasiun Gambir dan Pasar Senen,” ucap Dadan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.