Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bos Muda Startup Apresiasi Dukungan BRIN

Kamis, 17 Februari 2022 18:20 WIB
Kepala BRIN Laksamana Tri Handoko. (Foto: Ist)
Kepala BRIN Laksamana Tri Handoko. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mendorong eksistensi anak muda via perusahaan pemula (startup). Agar mandiri, unggul, dan berdaya saing, difasilitasi pembiayaan melalui Program Pendanaan Perusahaan Pemula Berbasis Riset (PPBR).

"Startup bukan lagi hanya berbasis teknologi, banyak potensi berbasis data dan social engineering misalnya. Kita ingin dorong startup mencakup banyak aspek," ujar Kepala BRIN Laksamana Tri Handoko dalam Walidasi (Webinar Fasilitasi dan Pendanaan Riset dan Inovasi) Edisi Start Up BRIN #1 pada Kamis (17/2).

Baca juga : Indonesia Best CEO 2021 Ajang Apresiasi Meski Tengah Pandemi

Ditambahkan, biasanya anak muda segar dengan inovasi. Apalagi selama 2 tahun Pandemi Covid-19, muncul berbagai peluang baru.

"Kami mengundang generasi muda untuk berpartisipasi aktif pada skema pendanaan ini," tegas Handoko.

Baca juga : Omicron Meluas, TNI-Polri Tutup Jalur Perbatasan RI-PNG

Sementara itu, Plt Deputi Fasilitasi Riset dan Inovasi BRIN Agus Haryono menjelaskan, ada 9 startup penerima PPBR Gelombang I yang akan mengikuti tahapan selanjutnya. Yakni Yayasan Upakara Bhuvana Nusantara, PT Miko Bahtera Nusantara, PT Pipetin Indonesia, Leko Dwi Harjono, Khayu Wahyunita, PT Asatu Sembilan Enam, PT Greenie Alam Indonesia, UKM Youngsters, dan MNC Geotech.

Dalam webinar tersebut, hadir pula bos-bos muda start up. Yakni Mokhamad Nur Cahyadi (MNC GeoTech), Ageng Wiyatno (PT Pipetin Indonesia), dan Adi Reza Nugroho (PT Miko Bahtera Nusantara). Selain memaparkan program bisnis masing-masing, mereka juga mengapresiasi dukungan BRIN.

Baca juga : Kemenkes Ingatkan Dinkes Dan Direktur RS Antisipasi Kekurangan Nakes

Sekadar informasi, BRIN sejak 2021 telah membuka 7 skema pendanaan riset dan inovasi. Yakni  Flagship Prioritas Riset Nasional (PRN) BRIN Tahun 2022-2024, Pendanaan Perusahaan Pemula Berbasis Riset, dan Fasilitasi Hari Layar Tahun 2022–2024. Ada pula Pendanaan Riset Penanganan Covid-19, Fasilitasi Pusat Kolaborasi Riset, Pendanaan Ekspedisi dan Eksplorasi Tahun 2022–2024 dan Fasilitasi Pengujian Produk Inovasi Kesehatan.

Seluruh skema pendanaan dan fasilitasi yang ada tersebut tidak sekedar untuk membiayai kegiatan riset bagi periset yang ada di BRIN, namun juga dibuka dan bisa diakses oleh seluruh pihak secara kompetitif. [GO]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.