Dark/Light Mode

Kejar Target Bebas Emisi 2060

BUMN Genjot Pilot Project Dekarbonisasi

Jumat, 18 Februari 2022 09:48 WIB
FGD bertajuk Telaah Ekosistem Perdagangan Karbon di Indonesia: Diskusi Keberhasilan Penentuan CAP Sektoral di Jakarta, Kamis (17/2). (Foto: Dok. IDSurvey)
FGD bertajuk Telaah Ekosistem Perdagangan Karbon di Indonesia: Diskusi Keberhasilan Penentuan CAP Sektoral di Jakarta, Kamis (17/2). (Foto: Dok. IDSurvey)

 Sebelumnya 
“Lewat FGD ini, kami dan BUMN yang terlibat bisa mendapatkan insight dari para regulator, khususnya KLHK dan KESDM serta private sector mengenai regulasi dan informasi dalam penentuan CAP (Consumption-based Accounting and Policysectoral) tersebut,” tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama BKI Rudiyanto juga mengharapkan dukungan berbagai pihak. Tak hanya dari regulator dan tujuh BUMN yang terlibat dalam pilot project dekarbonisasi di lingkup BUMN. Tetapi juga, perusahaan swasta maupun praktisi dan ahli, seperti Indonesia Research Institute for Decarbonization (IRID), dalam mendukung program Pemerintah menuju target carbon neutral di 2060.

Baca juga : Percepat Target Zero Emisi 2050, Perhutani Gandeng Pertamina Power

"Kita dapat gotong royong guna mengakselerasi terbentuknya ekosistem ekonomi hijau di BUMN secara khusus, dan Indonesia secara umum," ujarnya.

Melalui kegiatan diskusi ini dapat menjadi gambaran bagaimana CAP emisi karbon ditetapkan. Sehingga, bisa mendukung adanya sebuah kegiatan offset dalam mekanisme dan ekosistem perdagangan karbon.

Baca juga : Wawen BUMN: Perhutani Berperan Penting Dalam Program Dekarbonisasi

“Kami berharap dengan terlaksananya FGD ini dapat memberikan gambaran secara holistik dan teknik terkait dengan penentuan CAP sektoral,” ujar Rudiyanto. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.