Dark/Light Mode

Bos BI: Ini 3 Kunci Solusi Tantangan Keuangan Global

Sabtu, 19 Februari 2022 21:25 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (Foto BI) 3
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (Foto BI) 3

 Sebelumnya 
Kedua, bersama mengatasi masalah terkini yaitu normalisasi negara maju dalam rangka pemulihan bersama.

Ketiga, bersama mencapai pertumbuhan yang lebih kuat dengan mengatasi isu masa depan yang sudah dimulai yaitu produktivitas, digitalisasi dan lingkungan.

Baca juga : Jangan Lengah, Ini Kunci Untuk Jaga Diri Di Tengah Varian Omicron

Dalam diskusi yang berlangsung, mengemuka pentingnya pendekatan yang tepat dalam kebijakan menghadapi normalisasi dan scarring effect yang membayangi perekonomian. Scarring effect adalah kondisi masyarakat takut untuk membelanjakan dan menginvestasikan uangnya.

"Maka, kebijakan yang ditempuh perlu mempersempit celah produktivitas (productivity gap) melalui peningkatan keterampilan tenaga kerja, mendukung perluasan aset tak berwujud dalam transformasi digital, dan memperluas akses bagi pasar yang dinamis seperti industri berbasis digital," keterangannya.

Baca juga : Tantangan Konseptual (3)

Diskusi juga membahas mengenai tantangan dalam mencapai stabilitas sistem keuangan global antara lain digitalisasi dan perubahan iklim. Tantangan digitalisasi yang dimaksud termasuk keuangan inklusif dan perkembangan mata uang digital.

Peran penting sektor keuangan dalam mempertahankan momentum pemulihan ekonomi, antara lain dalam menyerap guncangan, mendukung transisi ekonomi hijau, mengembangkan produktivitas melalui sarana baru dalam pembayaran, dan keuangan inklusif.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.