Dark/Light Mode

Kowani Jadi Penyelenggara Side Event Women 20 Di Sulut

Minggu, 20 Februari 2022 14:33 WIB
Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo. (Foto: ist)
Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Women 20 (W20), kelompok masyarakat yang dilibatkan dalam Presidensi G20, menyelenggarakan side event pertama di Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, mulai Senin (14/2) hingga Rabu (16/2).

Puncak kegiatan digelar Selasa pagi (15/2) di Paradise Hotel Likupang. Acara dihadiri  para perwakilan secara offline dan online.

Kegiatan W20 yang digelar di Likupang ini dimulai pada pukul 09.00  WITA, dengan sambutan dari Chair W20 Indonesia Hardiani Uli Silalahi,  

Baca juga : Jokowi Ajak Pers Sebarkan Ketangguhan Bangsa Indonesia Di Momen G20

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo, UN Women Indonesia Country Representative and ASEAN Liaison.

Giwo Rubianto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan rasa bangga atas dipilihnya organisasi Kowani sebagai pelaksana dari event besar ini kepada Serpa sebagai penanggung jawab G20, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak, dan kepada Ketua Koordinator Kowani Hardiani Uli Silalahi yang telah ditunjuk sebagai Chair W20. Tidak lupa kepada Gubernur Sulut dan Bupati Minahasa Utara yang menjadi tuan rumah.

Sebagai organisasi perempuan tertua dan terbesar di Indonesia, Kowani telah mengemban tema W20 yaitu “Recover, Together, Equally” selama 97 tahun dalam programnya yang ditulis dalam Kongres yang diadakan setiap 5 tahun sekali. Tema ini merupakan refleksi bahwa sebuah krisis dapat mempengaruhi advokasi pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender. 

Baca juga : Ini Alasan Pengusaha Minta Pemilu Ditunda

“Oleh karena itu kita harus terus menyuarakan eliminasi diskriminasi untuk menciptakan kesetaraan gender serta pemberdayaan perempuan sehingga membangun dunia yang adil dan makmur berdasarkan kebebasan, kedamaian serta keadilan sosial,” ujar Giwo.

Pada acara ini hadir pula, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, kemudian dilanjutkan Head of Networks, Partnerships and Gender Division, dan OECD Development Centre Bathylle Missika.

Selanjutnya acara diisi oleh tiga pembicara utama yaitu W20 Delegates of Japan Prof Yoriko Meguro, W20 Delegates of Saudi Arabia Salma Al Rashid  dan perwakilan W20 dari delegasi Italia yaitu Martina Rogato.

Baca juga : Mendag: Kearifan Lokal Bakal Jadi Nilai Lebih

Di sesi pembukaan dari Perspectives and Recommendations, dibawakan oleh HE Penny Williams dan Shinta Kamdani dari Indonesia. Pembicara utama menghadirkan dua perempuan hebat yang merupakan wakil delegasi dari Korea Selatan Kang Minah dan Nursyahbani Katjasungkana. Dilanjutkan oleh wakil Indonesia yaitu Prof Dr Sulistyowati Irianto dan wakil dari delegasi W20 Austarlia Caitlin Byrne.

Diskusi publik, digelar dengan system working group discussion mulai pukul 14.30 WITA-15.30 Wita dipimpin oleh perwakilan dari W20 India, Pam Rajput. Kegiatan ini pun berakhir pada pukul 16.00 WITA dengan hasil diskusi oleh Co-Chair W20. Tidak ketinggalan jamuan makan malam dari pemerintah Sulut pada pukul 19.00 WITA. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.