Dark/Light Mode

Perempuan Berperan Penting Di UMKM, Perlu Dukungan Kemudahan Birokrasi

Selasa, 8 Maret 2022 15:13 WIB
Perempuan Berperan Penting Di UMKM, Perlu Dukungan Kemudahan Birokrasi

 Sebelumnya 
Database UMKM yang transparan, komprehensif, terpilah berdasarkan gender akan membantu pembuat kebijakan merancang intervensi yang diperlukan untuk membantu usaha mikro milik perempuan.

Ketika data tersedia untuk publik, pemangku kepentingan non-pemerintah juga diharapkan untuk mengambil inisiatif yang lebih terinformasi untuk mendukung usaha mikro milik perempuan.

Program digitalisasi Pemerintah dapat diprioritaskan bagi pengusaha mikro yang rentan termasuk pengusaha perempuan, terutama mereka yang sama sekali belum menggunakan platform e-commerce, untuk menghindari tumpang tindih pelatihan dengan target pengusaha yang sama.

Baca juga : Ini Pentingnya Pondasi Keuangan Sebelum Investasi

Dengan sumber dayanya yang terbatas, Pemerintah perlu mendukung usaha digitalisasi mandiri dengan mengurangi hambatan bagi bisnis online.

Kementerian Perdagangan misalnya, dapat mempertimbangkan merevisi Permendag 50 Tahun 2020 yang mengharuskan penjual online memiliki izin.

Izin usaha sendiri sudah dikategorikan berdasarkan tingkat risiko kegiatan usaha dan bisa dilakukan melalui sistem Online Single Submission (OSS).

Baca juga : Airlangga: NU Berperan Penting Sukseskan Vaksinasi & Bangkitkan Ekonomi

Tetapi, walaupun sudah disederhanakan, belum semua pengusaha mikro di pedesaan mengerti dan dapat mengakses OSS tersebut.

Menurutnya, Pemerintah perlu memperbanyak program pelatihan literasi digital dan keuangan.

Meskipun wirausaha perempuan sudah mulai menggunakan platform digital untuk berjualan, masih banyak wirausaha yang memiliki pengetahuan terbatas tentang pemanfaatan teknologi.

Baca juga : Potensi Ekonomi Digital Yang Menggirukan Perlu Dukungan Keamanan Data

"Membantu wirausaha perempuan memanfaatkan teknologi, dapat membuka akses pada pasar yang lebih luas dan kemudahan dalam mendapatkan bahan baku,” tandasnya. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.