Dark/Light Mode

ISI Gagas Surveyor Profesional Dan Berintegritas

Sabtu, 12 Maret 2022 20:34 WIB
Dari kiri: Dirjen Minerba Kementerian ESDM Ridwan Djamaludin, Ketua Umum ISI Viviani Suhar, dan Staf Ahli Menteri ATR/BPN dan Plt Direktur Jenderal Survei Pemetaan Pertanahan dan Ruang Kementerian ATR/BPN Virgo Eresta Jaya. (Foto: Istimewa)
Dari kiri: Dirjen Minerba Kementerian ESDM Ridwan Djamaludin, Ketua Umum ISI Viviani Suhar, dan Staf Ahli Menteri ATR/BPN dan Plt Direktur Jenderal Survei Pemetaan Pertanahan dan Ruang Kementerian ATR/BPN Virgo Eresta Jaya. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) menggelar Rakernas 2022, di Redtop Hotel & Convention Center, Gambir, Jakarta, Sabtu (12/3). Rakernas mengangkat tema “Sinergis dan Kolaboratif untuk Surveyor Profesional dan Berintegritas”.

Menurut Ketua Umum ISI Viviani Suhar, Rakernas ini membahas secara komprehensif isu-isu strategis nasional dan global, program kerja yang akan dijalankan, pola gerak organisasi, hingga kerja sama lintas organisasi, yang secara keseluruhan bermuara pada sasaran-sasaran yang ditetapkan. ISI sebagai satu-satunya asosiasi profesi di bidang survei dan pemetaan di Indonesia yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45/2021 memiliki tugas besar untuk menjadi wadah pembinaan dan pengembangan surveyor agar mampu menjawab tantangan keprofesian di masa sekarang dan masa yang akan datang.

Baca juga : 3 Cara Seru Lestarikan Dessert Tradisional Di Era Modern

"Dengan semangat sinergis dan kolaboratif untuk surveyor yang profesional dan berintegritas tersebut, kami berharap rakernas ini dapat merumuskan program kerja yang sesuai dengan tantangan profesi surveyor. Sehingga kebermanfaatan organisasi, baik untuk internal anggota ISI maupun eksternal, dalam skala nasional dan global, dapat terlaksana dengan baik," ujarnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Sabtu (12/3).

Dalam Rakernas ini, Kepala Badan Informasi dan Geospasial Prof Muh Aris Marfai, sebagai salah satu keynote speaker, memaparkan terkait peran profesi surveyor dalam menyediakan keahlian yang dibutuhkan yang profesional dan inovatif, sehingga dapat memberikan jaminan terhadap hasil. "ISI juga harus membantu surveyor dalam menghasilkan akuntabilitas produk dan akuntabilitas profesional dengan menjalankan kode etik,” terangnya.

Baca juga : Genjot Produksi Daging Nasional, Kementan Gencarkan Integrasi Sapi-Sawit

Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM Ridwan Djamaludin membahas terkait peraturan perizinan dan peran surveyor pada pertambangan minerba. “Pemerintah masih perlu melakukan terobosan dalam penyelesaian masalah tumpang indih perizinan pertambangan baik dalam Kawasan Hutan maupun dalam Hak Guna Usaha (HGU). Ketersediaan informasi geospasial yang akurat dapat menjadi salah satu solusi permasalahan ini. Peran surveyor profesional sangat diperlukan dalam hal perbaikan tata Kelola informasi geospasial pada bidang minerba,” ungkapnya.

Staf Ahli Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Plt Direktur Jenderal Survei Pemetaan Pertanahan dan Ruang Kementerian ATR/BPN Virgo Eresta Jaya berharap, hasil Rakernas bisa sejalan dengan strategic goals ATR/BPN 2025. "Yakni dapat mewujudkan keadilan pertanahan,” ujarnya.

Baca juga : Perindo Ogah Berpuas Diri

Ketua Umum ISI Viviani Suhar melanjutkan, tugas surveyor adalah pengumpulan, pengolahan serta penyajian data geospasial, dalam berbagai bidang. “Data spasial sangat dibutuhkan oleh banyak pemangku kepentingan. Bidang-bidang yang terkait dengan data geospasial antara lain bidang pertanahan, infrastruktur, dan hidrografi. Pada bidang pertanahan, informasi geospasial dapat membantu dalam reforma agraria, sedangkan dalam bidang infrastruktur, surveyor dapat membantu dalam pembuatan BIM, misalnya,” ucapnya.

Viviani melanjutkan, dalam bidang hidrografi, surveyor dapat membantu dalam eksplorasi kekayaan laut yang saat ini masih belum optimal. Melalui Rakernas ISI 2022 ini diharapkan profesi surveyor dapat membantu menyelesaikan persoalan bangsa terkait masalah keruangan. Sebab, setiap pembangunan tidak terlepas dari masalah keruangan. Rakernas ini dalam rangka menyusun program kerja kepengurusan ISI tahun 2021-2024. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.