Dark/Light Mode

Transisi Pandemi Ke Endemi Beri Angin Segar

Pariwisata Dan Transportasi Diramal Bergeliat Tahun Ini

Minggu, 13 Maret 2022 06:17 WIB
Ilustrasi tempat wisata Gunung Bromo. (Foto: freepik)
Ilustrasi tempat wisata Gunung Bromo. (Foto: freepik)

RM.id  Rakyat Merdeka - Transisi dari pandemi Covid-19 menuju endemi diyakini akan mempercepat pemulihan ekonomi. Sektor pariwisata dan transportasi diramal mulai pulih pada tahun ini seiring adanya pelonggaran kegiatan masyarakat dan menurunnya biaya perjalanan.

Pemerintah tengah menyiapkan peta jalan (roadmap) transisi dari pandemi Covid-19 menuju endemi.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, persiapan transisi pandemi ke endemi sudah dibahas dengan Presiden Jokowi dalam rapat kabinet beberapa waktu lalu.

Baca juga : Talamau Pasaman Barat Longsor Lagi, Transportasi Terputus

“Pemerintah telah mempersiapkan roadmap transisinya, mulai pelayanan kesehatan hingga kegiatan yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Ini perlu terus kita dorong karena momentum kita untuk ekonomi tumbuh lebih tinggi, ada di tahun 2022,” kata Airlangga dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (2/3).

Airlangga menuturkan, Pemerintah akan berupaya memulihkan daya beli masyarakat. Dan memaksimalkan kegiatan ekonomi melalui reformasi struktural sebagai upaya transformasi ekonomi.

Dengan reformasi struktural, lanjut Ketua Umum Partai Golkar itu, sekarang Indonesia sudah kembali menjadi negara berpenghasilan menengah atas (upper middle income country).

Baca juga : Waspada, Sistem Bibit Siklon 99S Dan 90S Terpantau Di Perairan Indonesia

Ia berharap, Indonesia bisa lepas dari jebakan penghasilan menengah (middle income trap) antara tahun 2030-2035.

“Presiden Joko Widodo akan menggenjot investasi yang akan mendorong kita lepas dari middle income country. Dan di tahun 2045 kita menjadi top 10 negara dunia. Bahkan jika Indonesia berada pada track yang benar, akan termasuk dalam 5 negara dengan ekonomi besar di dunia,” tutur Airlangga.

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, di masa transisi pandemi ke endemi, Pemerintah mulai melakukan berbagai pelonggaran pengetatan kegiatan masyarakat di awal Maret 2022.

Baca juga : BKS Gaspol Garap Kendaraan Listrik

Berbagai kebijakan yang diputuskan Pemerintah ini berdasarkan rekomendasi dari para pakar, dengan tetap menjunjung tinggi prinsip kehati-hatian.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.