Dark/Light Mode

Cari Blessing Di Tengah Konflik Rusia-Ukraina

Ketua Umum Kadin: Indonesia Harus Jeli Baca Peluang

Selasa, 15 Maret 2022 18:07 WIB
Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid menilai, konflik Rusia dan Ukraina memiliki pengaruh besar terhadap ekonomi global. Antara lain, melambungkan harga minyak dunia.

Tak cuma itu. Aktivitas perdagangan juga turut terpengaruh, baik menyangkut komoditas dari kedua negara atau adanya embargo dagang dari negara-negara lain.

Baca juga : Anis Matta: Indonesia Harus Siapkan Skenario Atasi Dampak Ekonomi

Dalam situasi ini, Arsjad menilai, Indonesia perlu jeli membaca peluang di tengah tingginya tensi geopolitik.

"Saya yakin, Indonesia dapat menggenjot ekspor ke banyak negara, dengan mengambil celah dari kondisi yang ada. Seperti saat perang dagang Amerika Serikat dan China, kita blessing. Saya kaget, pabrik garmen sekarang. Seluruh Indonesia sudah tidak ada space, diborong Amerika. Tekstil, sepatu, mebel jadi booming sekali. Kita jadi surplus dolar," ujar bos Indika Group itu.

Baca juga : Sikap Indonesia Sudah Pas

Arsjad menekankan, para pengusaha harus mampu memenangkan kondisi yang menantang ini. Terus meningkatnya kinerja ekspor Indonesia, menjadi sinyal bahwa di tengah pandemi Covid-19 dan konflik geopolitik, Indonesia dapat mengambil keuntungan.

"Makanya kami di Kadin selalu bilang, dalam kondisi perang-perang, kita harus menang," ucap Arsjad. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.