Dewan Pers

Dark/Light Mode

Migor Mahal, Minyak Kelapa Bisa Jadi Alternatif

Kamis, 24 Maret 2022 21:26 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Aktivis dan Warga (Pandawa) Nusantara Hendi Saryanto dalam diskusi yang digelar Jakarta Journalist Center (JJC), Kamis (24/3). (Foto: Zoom)
Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Aktivis dan Warga (Pandawa) Nusantara Hendi Saryanto dalam diskusi yang digelar Jakarta Journalist Center (JJC), Kamis (24/3). (Foto: Zoom)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang puasa harga bahan-bahan pokok mulai melambung tinggi. Termasuk, harga minyak goreng. Melihat kondisi ini, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Aktivis dan Warga (Pandawa) Nusantara Hendi Saryanto menyarankan masyarakat untuk mengolah kelapa menjadi minyak goreng. 

Menurutnya, potensi minyak kelapa untuk menggantikan peran minyak sawit cukup potensial. Namun, industrialisasi minyak kelapa harus didukung sejumlah pihak, salah satunya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Dengan begitu, minyak kelapa dapat membantu masyarakat yang kesulitan memperoleh minyak goreng sawit. 

Berita Terkait : MotoGP Mandalika Kerek Layanan Broadband Naik 96 Persen

"BRIN harus bisa membantu dan memberi solusi untuk masyarakat," ujar Hendi dalam diskusi yang digelar Jakarta Journalist Center (JJC) dengan tajuk 'Kupas Tuntas Amannya Minyak Goreng untuk Rakyat', Kamis (24/3).

Menurutnya, dengan anggaran yang tersedia, seharusnya BRIN dapat memfasilitasi hasil riset anak bangsa. Sehingga, hasil riset tersebut dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. 

Berita Terkait : Kelangkaan Minyak Goreng Bukti Valid Perlunya Jaringan Terintegrasi

BRIN juga didorong agar menjadi lembaga yang mempermudah para periset Indonesia mengembangkan hasil inovasinya.

Menurutnya, saat ini banyak inovasi yang diciptakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), seperti mengolah minyak kelapa, yang tidak mendapat perhatian yang maksimal dari pemerintah. "BRIN harus dapat memfasilitasi inovasi UMKM dan implementasikannya," tuturnya.
 Selanjutnya