Dark/Light Mode

Warga Jababeka Diajari Konsep Penataan Lingkungan Hijau

Jumat, 25 Maret 2022 08:39 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Ia berharap sinyal yang baik ini bisa berlanjut dengan warga di setiap RW mau terlibat aktif dalam menjalankan lomba kebersihan Jababeka Eco Award.

Menurutnya tanpa peran aktif masyarakat, bukan hanya program Jababeka Eco Award yang tidak berjalan efektif, tapi pembangunan kawasan Jababeka sebagai Smart Eco City sulit tercapai.

Mayjen TNI (Purn) Sumardi selaku Head of city council Jababeka menambahkan, pihak Jababeka telah menyiapkan puluhan juta rupiah dan pembinaan yang intensif bagi para pemenang.

Baca juga : Ratna Juwita Pertanyakan Progres Pengembangan Vaksin Merah Putih

Sementara penilaian pertama (administrasi) akan dilakukan pada bulan Maret-April 2022 dan akan ditindaklanjuti dengan penilaian lapangan dari tim Jababeka dan tim penilai dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi dengan mendatangi setiap RW yang lolos kualifikasi.

Kepala Bidang Pengendalian Persampahan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Eddy Sirotim hadir sebagai salah satu narasumber. Ia menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya untuk Jababeka.

"Jababeka merupakan pihak swasta pertama dan satu satunya kawasan perumahan, komersial dan industri di Kabupaten Bekasi yang melakukan kegiatan program penghargaan untuk lingkungan," ujarnya.

Baca juga : Nggak Mau Ada Proyek Mangkrak, Menteri Basuki Kebut Penyelesaian Pembangunan Infrastruktur

Menurutnya langkah Jababeka menjadi pilot project bagi DLH Kabupaten Bekasi untuk bekerjasama dengan pihak swasta dalam melakukan penghargaan terhadap masyarakat yang peduli lingkungan.

Ia menyampaikan sosialisasi dan workshop merupakan langkah yang tepat untuk mendorong keterlibatan masyarakat secara optimal terhadap program Jababeka Eco Award.

Lebih dari itu, menurut Eddy program Jababeka Eco Award bagus sebagai edukasi dalam mengurangi sampah yang saat ini daya tampung di TPA Burangkeng sudah melebihi kapasitas.

Baca juga : Pertemuan G20, Dirjen PPKL Bahas Persoalan Lingkungan Dan Perubahan Iklim

Karena kunci utama dalam menanggulangi sampah ialah perubahan perilaku. Setelah program Jababeka Eco Award, Eddy yakin akan bisa mengurangi jumlah sampah yang masuk ke TPA Burangkeng. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.