Dark/Light Mode

Kemenkop UKM Dukung Santripreneur Di Banjarmasin Kembangkan Potensi Madu Kalulut

Jumat, 25 Maret 2022 21:59 WIB
Seskemenkop UKM Arif Rahman Hakim (kanan) saat mengunjungi peternakan lebah di Ponpes Mihbahul Munir, Banjar Baru,Jumat (25/3) . (Foto: Dok. Kemenkop)
Seskemenkop UKM Arif Rahman Hakim (kanan) saat mengunjungi peternakan lebah di Ponpes Mihbahul Munir, Banjar Baru,Jumat (25/3) . (Foto: Dok. Kemenkop)

 Sebelumnya 
Lebih lanjut Seskemenkop UKM mengatakan, peternakan lebah memiliki potensi ekonomi yang tinggi, serta produknya sangat dibutuhkan bagi kesehatan masyarakat.

"Akan ada pendampingan usaha dari Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) untuk meningkatkan dan memperkuat Santripreneur," imbuh Arif yang juga sebagai Ketua Dewan Pembina Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) Indonesia.

Dalam meningkatkan kualitas produk dan pemasaran, SesKemenkopUKM menekankan agar Ponpes Mihbahul Munir untuk mendirikan koperasi. Pasalnya, badan hukum yang cocok untuk pengembangan usaha di Ponpes adalah koperasi.

Baca juga : Kemendagri Dukung Laboratorium Adminduk Di Dua Perguruan Tinggi

"Dengan begitu, para santri bisa fokus memproduksi madu, sementara terkait pemasaran dan perijinan usaha bisa dilakukan oleh koperasi," ujarnya.

Dengan berkoperasi, Arif meyakini bakal memperluas pasar dan kualitas produk madu yang dihasilkan Ponpes Mihbahul Munir. Terkait kemasan dan PIRT bisa mulai diurus agar bisa masuk e-Katalog LKPP.

"Ada peluang besar dimana belanja pemerintah dan BUMN harus menyerap produk dari koperasi dan UMKM sebesar 40 persen," ungkap Seskemenkop UKM.

Baca juga : Gus Jazil Ajak Kades Se-Bawean Kembangkan Potensi Daerah

Sementara, Sekretaris Wilayah Ikatan Pesantren Indonesia Provinsi Kalsel Edy Setyo Utomo mengungkapkan, pihaknya juga terus meningkatkan kewirausahaan di ponpes-ponpes yang ada di Kalsel.

"Para santri harus disiapkan skill dan ilmu yang salah satunya adalah kewirausahaan," ujarnya.

Edy menegaskan, bila unit usaha yang ada di Ponpes dikelola dengan baik melalui Koperasi Pondok Pesantren, akan memiliki efek ekonomi yang bagus, termasuk bagi masyarakat sekitar Ponpes.

Baca juga : Komarudin Watubun: Penegakan Disiplin, Jembatan Mencapai Cita-Cita Partai

"UKM-UKM yang ada disana juga akan terdorong untuk naik kelas," tutu Edy. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.