Dark/Light Mode

Dukung Pengembangan IKN, Shopee Hadirkan Kampus UMKM Ke-7 Di Kaltim

Selasa, 29 Maret 2022 15:23 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

 Sebelumnya 
Radityo menegaskan, peningkatan keterampilan digital menjadi prioritas utama dalam upaya digitalisasi bagi UMKM lokal.

"Kami ingin, kampus ini bisa mendukung perluasan jangkauan bisnis UMKM, serta turut mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional melalui pelatihan untuk bisa masuk ekosistem digital yang kami berikan," pungkasnya.

Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi menyambut dengan antusias pembukaan Kampus UMKM Shopee ke-7 yang berada di Kalimantan Timur.

Kehadiran Kampus UMKM Shopee Kaltim, menambah dukungan bagi UMKM untuk memaksimalkan penjualan dan produktivitas usaha. Ia menekankan, peningkatan kapasitas UMKM akan berperan positif dalam perekonomian Kalimantan Timur, menyusul pertumbuhan ekonomi sebesar 2,48 perse di tahun 2021, yang membuat Kalimantan Timur menjadi provinsi dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di Pulau Kalimantan.

Baca juga : MUI Lindungi Umat

"Hadirnya Kampus UMKM Shopee ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem digital di sekitar wilayah IKN Nusantara khususnya bagi para pelaku UMKM," ungkap Hadi.

Ia berpesan, kesuksesan bisa diraih dengan ketulusan, keikhlasan, kerja keras, rasa penuh cinta, dan penuh doa.

"Saya merasa sangat bangga dan ingin berterima kasih kepada Shopee Indonesia atas kerja sama yang luar biasa ini sehingga dapat membuka Kampus UMKM Shopee Kaltim,” tuturnya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kaltim Yadi Robyan Noor mengatakan, jumlah UMKM Kaltim sampai saat ini tercatat sebanyak 344.581 unit usaha yang tersebar di 10 kabupaten dan kota.

Baca juga : Bank DKI Padamkan Lampu Kantor Pusat

Peran UMKM sangat besar terhadap perekonomian daerah dan nasional pada umumnya. Namun, berbagai keterbatasan sedang dihadapi UMKM, salah satunya adalah keterbatasan UMKM dalam mengakses pasar.

Untuk itu, perkembangan dan pembinaan UMKM lebih diarahkan untuk mengakses pasar, dengan terus memperkuat kualitas, kuantitas produknya.

"Dibukanya Kampus UMKM Shopee Kalimantan Timur akan memperkuat program capacity building dan juga perluasan akses pasar bagi UMKM Kaltim," ujar Yadi.

Kampus UMKM Shopee Kalimantan Timur yang terletak di Jalan Sentosa No 27, Kelurahan Sungai Pinang Dalam, Sungai Pinang, Kota Samarinda, Kaltim hadir dengan berbagai fasilitas dan layanan dalam memberikan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM lokal.

Baca juga : Dukung P3DN, LKPP Sediakan Klinik Konsultasi E-Katalog

Kampus UMKM Shopee memilik berbagai fasilitas seperti edukasi bagi UMKM. Di mana pelaku UMKM dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti berbagai kelas yang akan diberikan oleh trainer Shopee terdedikasi. Meliputi kelas pendaftaran dan pembuatan toko di Shopee, pengaturan pengiriman dan pengelolaan seller centre, pengembangan usaha, bagaimana cara mengoptimalisasi sistem pemasaran secara digital, serta fitur-fitur penunjang bisnis yang tersedia di aplikasi Shopee.

Selanjutnya pendampingan bisnis bagi UMKM. Di mana trainer Shopee disediakan sebagai perpanjangan tangan dari para pelaku UMKM dalam pendampingan bisnis terkait edukasi dan pelatihan mengenai administrasi dan operasional toko, hingga peningkatan performa bisnis.

Para pelaku UMKM akan dibimbing agar secara efektif mengurus pembukuan yang sudah terdigitalisasi di aplikasi Shopee. Kemudian, ada srudio Foto dan live streaming. Fasilitas ini turut menunjang bisnis dari pelaku UMKM,

Shopee menghadirkan fasilitas pendukung seperti ruangan training, ruangan rapat, studio foto, ruangan live streaming, pusat edukasi dan simulasi sistem gudang, dan area pameran. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.