Dark/Light Mode

Sambut Ramadan, Shopee Gelar Promo Dan Tebar Tips Sehat

Selasa, 29 Maret 2022 22:21 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

 Sebelumnya 
"Penting untuk kita perhatikan agar tetap sehat selama bulan puasa dengan tidak melewatkan waktu makan saat sahur, tidak mengonsumsi makanan berlebih saat berbuka, dan tetap berolahraga serta tidur yang cukup," ujarnya.

Selain pola hidup yang tetap diperhatikan saat berpuasa, kombinasi menu sahur dan berbuka pun juga tak boleh luput dari perhatian. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan Chef Norman Ismail.

Menurutnya, food combining merupakan hal yang perlu diperhatikan agar makanan yang kita konsumsi itu tidak membahayakan tubuh, meskipun jenis makanannya mungkin termasuk dalam jenis yang sehat.

Baca juga : Putri Maha Chakri Sirindhorn Promosikan Indonesia Di Thailand

Selain itu, di bulan puasa nanti, penting bagi kita untuk menerapkan meal prepping yang benar, supaya dapat menyiapkan hidangan makanan yang sehat dengan lebih maksimal untuk sahur dan berbuka.

"Pastikan untuk menyiapkan menu yang beragam, agar lebih bervariasi dan keseruan berbuka puasa di rumah tetap terasa," sarannya.

Beberapa hal perlu diperhatikan saat puasa adalah, tetap menjaga kesehatan ditengah pola makan tidak menentu dengan hal sederhana. Di mana perubahan jam makan bisa tetap menjaga kesehatan dengan hal yang sederhana.

Baca juga : Sambut Ramadhan, Harper MT Haryono Sajikan Buka Puasa Nusantara Delight

Seperti tidak melewatkan sahur, tidak makan berlebih saat berbuka, tetap berolahraga dengan jam yang disesuaikan, tidur yang cukup, tetap memperhatikan gizi dalam makanan serta memenuhi kebutuhan air harian.

Selanjutnya memperhatikan kombinasi gizi dan vitamin pada menu sahur dan berbuka Saat sahur, utamakan mengkonsumsi karbohidrat kompleks, karena akan lebih lama dicerna dan bisa memberi rasa kenyang lebih lama dan memberi energi yang lebih lama pula.

Makanan kaya protein serta sayur dan buah juga jangan dilewatkan. Minum air putih yang cukup juga perlu. Saat berbuka, diusahakan tidak langsung makan besar. Konsumsi dulu makanan atau minuman manis yang bukan dari gula. Bisa dengan kurma, buah atau air kelapa.

Baca juga : Sambut Ramadan, Demokrat DKI Santuni Anak Yatim

Baru setelah shalat maghrib bisa mengonsumsi makanan apa saja yang mengandung karbohidrat, protein hewani atau nabati, serat dan vitamin dari buah dan sayur juga lemak sehat.

Secara umum, semua sayur dan buah itu sebenarnya baik untuk dikonsumsi. Namun, ada beberapa yang Dokter rekomendasikan. Yaitu sayur dan buah yang mengandung banyak air, antioksidan serta vitamin C, seperti bayam, brokoli, semangka atau alpukat. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.