Dark/Light Mode

Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022

Ketum KADIN: Digitalisasi Dorong Pemerataan Ekonomi Dan Kualitas Pelayanan Publik

Selasa, 29 Maret 2022 22:01 WIB
Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid (Foto: Istimewa)
Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
National Digital Platform

Ketua Gugus Tugas Digitalisasi B20 Ririek Adriansyah dalam forum dialog bertemakan infrastruktur data digital untuk daerah di acara DNES 2022 ini mengatakan, lingkungan digital perlu diwujudkan melalui National Digital Platform.

Pembangunan infrastruktur dan layanan telekomunikasi yang merata di seluruh daerah. Terutama, data center dan cloud. Sehingga, tidak ada kesenjangan akses teknologi digital.

Baca juga : Transformasi Digital Dukung Inovasi Kehutanan 4.0 Untuk Ekonomi Hijau Dan Penyelamatan Bumi

“Saat ini Telkom Indonesia memiliki data center yang tersebar di 12 kota terbesar di Indonesia, dan sedang membangun Telkom HyperScale Data Center seluas 65.000 m2 dan berkapasitas total hingga 10.000 rak untuk mengakomodasi kebutuhan digitalisasi bisnis di masa depan. Seperti edge computing, layanan 5G, blockchain dan solusi digital lainnya,” jelas Ririek yang juga Dirut BUMN Telkom Indonesia.

Selain data center, Ririek juga mengatakan pentingnya teknologi cloud dalam menunjang bisnis dan pelayanan publik di era digital.

Ririek mengatakan, manfaat menggunakan data center dan cloud dalam skema bisnis dan pelayanan publik. Karena selain efisien dan efektif dalam menekan biaya produksi, juga memberikan stabilitas. Mengingat ketersediaanya tinggi, keamanan maksimum, serta memiliki kualitas layanan dan kinerja yang tinggi.

Baca juga : Kunjungi Kampus IPDN, Ketua Komisi II DPR Dukung Peningkatan Kualitas Pendidikan Praja

Sementara itu, Ketua Komite Tetap Program Prakarsa Baru Komunikasi dan Informatika KADIN Indonesia Fajrin Rasyid memaparkan mengenai Platform KADIN Tech Hub.

Fajrin menerangkan, platform ini mempertemukan perusahaan yang memiliki masalah dengan ekosistem, yang dapat memberikan pengembangan solusi atas masalah yang dihadapi, dengan semangat ekonomi kolaborasi.

“Jadi, platform ini memberikan solusi terintegrasi bagi perusahaan. Baik itu korporasi besar maupun UMKM yang terkendala soal digitalisasi," ucap Fajrin.

Baca juga : IKN Diklaim Akan Dorong Pemerataan Ekonomi Dan Pembangunan

"Ini semacam hub, tempat berinteraksi, berdialog, berbagi ide gagasan kolaboratif untuk mendukung dan membantu perusahaan terutama UMKM dalam meningkatkan kualitas, kapasitas digitalisasi. Agar mampu berkompetisi di era digital, dan mencapai tujuan SDG’s yang ingin menghilangkan kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Summit DNES 2022 yang dilaksanakan pada 29 – 31 Maret 2022, terbagi dalam beberapa forum yang mendatangkan berbagai narasumber berkompeten di bidang industri digitalisasi.

Acara ini akan membahas topik pentingnya transformasi digitalisasi bagi sektor ekonomi. Pembahasan tiap forum diharapkan dapat memberikan rekomendasi dan solusi, dari permasalahan tentang digitalisasi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.