Dark/Light Mode

Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022

Ketum KADIN: Digitalisasi Dorong Pemerataan Ekonomi Dan Kualitas Pelayanan Publik

Selasa, 29 Maret 2022 22:01 WIB
Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid (Foto: Istimewa)
Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
KADIN Indonesia melihat digitalisasi ekonomi, digitalisasi pemerintahan dan swasta akan memainkan peran penting dan strategis di masa depan. Karena itu, Indonesia perlu bersiap diri lebih agresif.

Terlebih, banyak tantangan yang akan dihadapi. Baik itu persoalan teknologinya, SDM, hingga regulasinya.

Arsjad berharap, Forum DNES 2022 bisa menjadi milestone pemerataan akses digitalisasi di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Umum Koordinator KADIN Indonesia yang juga Ketua Penyelenggara B20, Shinta Kamdani mengatakan, kunci untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang luar biasa di Indonesia adalah membuka kemitraan publik-swasta.

Baca juga : Transformasi Digital Dukung Inovasi Kehutanan 4.0 Untuk Ekonomi Hijau Dan Penyelamatan Bumi

Serta menciptakan iklim yang kondusif bagi investor. Di samping mampu memberikan dampak yang luas, sehingga misi Indonesia Emas 2045 terwujud.

Shinta menjelaskan, untuk membangun dan menyukseskan program digitalisasi ekonomi yang dicanangkan pemerintah, KADIN Indonesia terus melakukan inovasi dan langkah-langkah strategis.

Antara lain mendampingi UMKM untuk masuk dan mempelajari ekosistem ekonomi digital, meluncurkan KADIN Tech Hub  serta melakukan upskilling dan reskilling SDM melalui pendidikan dan pelatihan vokasi.

“Summit DNES 2022 ini merupakan side events B20 Indonesia. KADIN Indonesia sebagai penyelenggara, membagi acara tersebut ke dalam beberapa forum. Dengan mendatangkan berbagai narasumber berkompeten di bidang industri digitalisasi," beber Shinta.

Baca juga : Kunjungi Kampus IPDN, Ketua Komisi II DPR Dukung Peningkatan Kualitas Pendidikan Praja

Forum dialog akan membahas topik pentingnya transformasi digitalisasi bagi sektor ekonomi. Sekaligus implementasinya bagi penyelenggaraan pelayanan publik pemerintah daerah.

Dalam forum DNES 2022 ini, beberapa menteri diharapkan dapat memberikan pandangannya mengenai peran pemerintah dalam mendorong transformasi ekonomi digital  Yakni Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar.

Kementerian Khusus

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Bidang Teknologi dan Informasi KADIN Indonesia, Firlie H Ganinduto, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sebagai tuan rumah acara DNES 2022 diharapkan bisa urun rembug.

Baca juga : IKN Diklaim Akan Dorong Pemerataan Ekonomi Dan Pembangunan

Firlie berharap, forum ini bisa menguatkan sinergi dan kolaborasi pengetahuan tentang digitalisasi dan implementasinya, antara narasumber, kepala daerah, dan pelaku usaha.

"Perlu ada kementerian khusus yang menangani soal digitalisasi ini. Karena digitalisasi sudah menyasar ke berbagai sektor kehidupan. Sehingga, agar transformasi digitalisasi di daerah-daerah bisa diakselerasi. Perlu ada kementerian yang fokus mengurusi itu," ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.