Dark/Light Mode

Demi Menggenjot Ekspor

Kemenperin Dorong Perusahaan Digital Cetak Wirausahawan Baru

Selasa, 25 Juni 2019 09:05 WIB
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (Istimewa)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong perusahaan digital atau e-commerce untuk mencetak wirausahawan baru. Hal itu diperlukan guna menggenjot ekspor dari sektor Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Sekretaris Direktorat Jenderal IKM dan Aneka (Sesditjen IKMA) Kemenperin Eddy Siswanto mengatakan, pihaknya terus mendorong tumbuhnya IKM serta wirausaha baru di Tanah Air.

Menurutnya, perusahaan digital bisa menjadi salah satu pendorong munculnya IKM baru. “Perusahaan e-commerce perlu dilibatkan dalam mencari dan memberdayakan bibit unggul di sektor IKM,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Ia berharap, e-commerce bisa menjadi gerbang bagi pelaku IKM untuk melakukan transfor￾masi. Menurutnya, dengan menggunakan alat promosi digital, sistem informasi digital, pembayaran digital, serta manajemen relasi dengan pelanggan secara digital akan semakin memudahkan IKM tumbuh.

Baca juga : Gojek Dorong Pengusaha Perempuan Berbisnis Digital

Eddy menuturkan, pihaknya menjadi partner salah satu perusahaan e-commerce, Blibli. com dalam menggelar kompetisi creativepreneur, The Big Start Season 4. Kolaborasi antara Kemenperin dan Blibli.com diharapkan mampu memperkuat daya saing industri Tanah Air dalam menyongsong era revolusi industri keempat.

“Kami memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Blibli. com yang telah bahu-membahu bersama Ditjen IKMA mendorong perkembangan usaha rekan-rekan pelaku IKM di Indonesia,” ucapnya.

Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih menyebut, ajang The Big Start Season 4 yang mengusung tema Local Goes Global through Digital sejalan dengan prioritas nasional Kemenperin. Terutama dalam pemberdayaan IKM untuk meningkatkan ekspor melalui pe￾manfaatan teknologi digital.

“Dalam era digital seperti sekarang, transisi proses jual beli konvensional menjadi jual beli online semakin berkembang. Tidak hanya untuk produk berupa barang, bahkan jasa. Karena itu kami melihat industri e-commerce menjanjikan potensi pasar yang sangat besar,” jelasnya.

Baca juga : Darmin Jualan Kopi di Prancis

Gati menambahkan, untuk membantu para pelaku IKM menangkap peluang sekaligus menghadapi tantangan saat munculnya banyak e-commerce, sejak 2017, Kemenperin telah meluncurkan program e-Smart IKM. Program ini melibatkan marketplace digital di Tanah Air sebagai salah satu infrastruktur pendukung.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menegaskan, dalam menciptakan IKM yang unggul diperlukan kemauan untuk maju dalam berwirausaha. Menghadapi persaingan di era industri digital, pelaku IKM pun harus memiliki karakter yang tangguh serta pemikiran visioner, mandiri, kreatif, inovatif, dan dapat menciptakan peluang usaha yang baik.

“Salah satu peluang usaha yang saat ini dapat menciptakan masyarakat mandiri, serta mendongkrak perekonomian, adalah melalui wirausaha berbasis kreativitas dan inovasi,” tuturnya.

Menurutnya, wirausaha kreatif merupakan bentuk usaha yang tak akan pernah lekang oleh waktu.

Baca juga : Penyaluran Elpiji Meningkat, Pertamina Dorong Bright Gas Lewat Acara Beduk

“Kreativitas akan membuat IKM semakin berperan signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, stabilitas sosial, dan pengembangan sektor swasta yang dinamis,” imbuhnya. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.