Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PT Pos Selesaikan Tugas Penyaluran Dana Program Kartu Sembako Hanya Dalam 2 Pekan

Rabu, 30 Maret 2022 14:01 WIB
Direktur Bisnis Jaringan dan Keuangan PT Pos Indonesia Charles Sitorus (Foto: Dok. PT Pos)
Direktur Bisnis Jaringan dan Keuangan PT Pos Indonesia Charles Sitorus (Foto: Dok. PT Pos)

 Sebelumnya 
Tepat Waktu, Tepat Sasaran

Dalam banyak forum, salah satu kendala klasik dalam penyaluran bantuan sosial atau dana kepada masyarakat ialah soal tepat sasaran atau tidak. Charles meyakini, penyaluran bantuan dana kali ini lebih tepat sasaran. Sebab, PT Pos Indonesia menggunakan teknik geotagging. Petugas memotret langsung wajah dan rumah setiap KPM atau penerima yang telah terverifikasi.

Baca juga : HNW Pertanyakan Penghapusan Istilah Madrasah Dalam RUU Sisdiknas

Upaya ini menjadi ikhtiar dan jawaban agar penerima bantuan tepat sasaran. Charles menambahkan, model bantuan ini juga diyakini sesuai kebutuhan masyarakat.

Diakui Charles, terdapat penggiringan atau pemaksaan masyarakat untuk langsung membeli sembako di toko atau warung tertentu setelah menerima dana tunai. Masyarakat pun diancam dikeluarkan dari daftar KPM untuk bantuan di masa mendatang. Padahal, bisa saja KPM tidak membutuhkan sembako yang disediakan. Saat peninjauan di lapangan, ia mendengar langsung pengakuan KPM yang merupakan seorang ibu saat menerima dana tunai.

Baca juga : Kapolri Pastikan Ketersediaan Minyak Curah Dan Sembako Jelang Ramadan Tercukupi

"Kami punya cerita. 'Sekarang bisa beli susu. Kalau dulu (uang langsung) ditukar beras.' Ini suara yang valid dari masyarakat. Ini pengalaman yang menarik bagi saya," papar Charles.

Lebih lanjut, bantuan dana tunai tanpa pemaksaan untuk belanja di tempat tertentu, menjadi penggerak ekonomi lebih luas di tengah masyarakat. Hal ini sangat sesuai dengan harapan Presiden Jokowi dalam konteks pemulihan ekonomi nasional di tengah Covid-19.

Baca juga : Penyaluran Bansos Kartu Sembako Di Palembang Capai 96,6 Persen

Charles tidak lupa berterima kasih kepada semua pihak terkait dalam melancarkan penyaluran bantuan kali ini. Terutama kepada pemerintah daerah setempat, aparat keamanan dan tokoh informal lain.

Charles optimitis, pihaknya dapat melakukan lebih cepat dari hal ini jika mendapatkan kepercayaan lebih lanjut dari pemerintah. Pasalnya, pihaknya telah mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman berharga dari kepercayaan kali ini. "Saya optimistis, bisa," kata Charles. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.