Dewan Pers

Dark/Light Mode

Sri Sultan Sambut ACC Kembangkan Potensi Digital Di DIY

Kamis, 24 Maret 2022 21:55 WIB
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X saat meresmikan Digital Operation Center pada Rabu (23/3). (Foto: Istimewa)
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X saat meresmikan Digital Operation Center pada Rabu (23/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menyambut langkah Astra Credit Companies (ACC) yang akan mengembangkan potensi digital di Yogyakarta. Perusahaan pembiayaan pertama Astra ini baru saja meresmikan Digital Operation Center pada Rabu (23/3).

Dalam sambutannya, Sri Sultan mengapresiasi niat Astra untuk mendukung digitalisasi di Yogyakarta. Keberadaan Digital Operation Center ini akan dirasakan oleh masyarakat Yogyakarta.

"Saya mengapresiasi Astra. Karena melihat Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai daerah yang berpotensi untuk berinvestasi jangka panjang di bidang digital dan teknologi," katanya dalam keterangan pers ACC dikutip Kamis (24/3).

Ia juga berharap, Digital Operation Center dapat berkontribusi dan memberikan manfaat bagi Astra dan juga masyarakat di Yogyakarta.

Gedung Digital Operation Center beralamat di Jalan Pringgodani I A, Sleman, Yogyakarta. Gedung ini merupakan pusat operasional berbasis digital untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan dan partner bisnis. Gedung Digital Operation Center (DOC) dibangun di atas lahan seluas 1.647 meter persegi dan bangunan seluas 6.913 meter persegi yang terdiri dari 8 lantai.

Berita Terkait : Lestari: UMKM, Kunci Kebangkitkan Ekonomi Usai Pandemi

Gedung Digital Operation dibangun dengan desain interior bergaya industrial modern dengan aksen mural di dinding. Gedung Digital Operation Center juga dibuat ramah lingkungan dengan memasang solar panel.

Direktur Business Development & Information Technology yang membawahi fungsi digital ACC Mohammad Farauk mengatakan, digital Operation Center ini merupakan perwujudan dari inisiatif berkesinambungan dari perjalanan digital ACC untuk memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk pelanggan.

"DOC mengusung konsep sentralisasi proses berbasis teknologi dengan menggunakan sistem kerja agile workforce untuk 3 pilar bisnis, yaitu Operations Center, Telephony Center dan Techno Center," katanya.

Sentralisasi proses di DOC menggabungkan beberapa fungsi operasional yang sebelumnya tersebar di cabang-cabang ACC menjadi terpusat dengan bantuan digitalisasi. Konsep teknologi yang ditonjolkan DOC yaitu proses yang seamless dengan connectivity yang lebih menyeluruh dengan partner otomotif, asuransi, payment channel, e-commerce dan verification technology.

Sehingga proses yang dihasilkan lebih cepat dan tepat yang pada akhirnya dapat dirasakan oleh Pelanggan. Sentralisasi proses dan teknologi tersebut didukung oleh sistem kerja yang juga fleksibel sehingga bisa menyerap banyak tenaga kerja dari Yogyakarta melalui kerja sama dengan berbagai Universitas dan komunitas.

Berita Terkait : Bamsoet Dukung Pembangunan Pabrik Fraksionasi Plasma Pertama Di Indonesia

Kota Yogyakarta, sebagai kota pelajar, dipilih karena memiliki potensi SDM yang besar dalam pengembangan digital, yang sejalan dengan fokus digitalisasi ACC.

"Sampai dengan Februari 2022, kami telah bekerja sama dengan lebih dari 400 mitra aktif lokal untuk penempatan fungsi Operations Center & Telephony Center," tambah Farauk.

Adapun entitas yang menaungi Digital Operation Center yaitu PT Cipta Sedaya Digital Indonesia yang merupakan salah satu entitas dari anak perusahaan ACC yang bergerak di bidang layanan dan pengembangan teknologi informasi.

Di kesempatan yang sama, ACC memperkenalkan berijalan yang akan digunakan sebagai branding PT Cipta Sedaya Digital Indonesia. Logo berijalan terdiri dari 3 elemen utama yaitu Solution Ways, Sparks of Innovations, dan Collaborations

Tiga elemen utama tersebut dipertemukan dalam memberi jalan serta menjadi tempat kolaborasi dalam perusahaan, memberikan layanan yang solutif, komprehensif, aman dan tersentralisasi, dengan tujuan masa depan yang terbaik.

Berita Terkait : Sleman Fans Bangkitkan Motivasi Bagus Cs Bertahan Di Liga 1

Digital Operation Center telah mendukung pengembangan layanan digital di perusahaan pembiayaan di grup ACC yaitu PT Astra Sedaya Finance, PT Astra Auto Finance dan PT Swadharma Bhakti Sedaya Finance untuk meningkatkan layanan bagi para debiturnya.

Selain itu, Digital Operation Center juga sudah mendukung pengembangan layanan digital dari PT Sedaya Multi Investama, PT Astra Auto Digital, PT Astra Kreasi Digital serta PT Astra Integrasi Digital.

Tidak akan berhenti sampai di sini, Digital Operation Center akan terus berkembang bersama partner baru lainnya. Dalam Peresmian Digital Operation Center dilakukan langsung oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan Bupati Sleman Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo.

Hadir juga Director in Charge Astra Financial & Logistic Suparno Djasmin, serta Presiden Direktur Astra Credit Companies Siswadi didampingi segenap Board of Director ACC. [JAR]