Dark/Light Mode

Gandeng BMKG

Angkasa Pura I Gelar Simulasi Bencana Gempa Dan Tsunami Di Bandara YIA

Sabtu, 2 April 2022 12:20 WIB
Simulasi bencana di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA)
Simulasi bencana di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA)

 Sebelumnya 
Selain itu YIA memiliki fasilitas Gedung Crisis Centre 4 lantai dengan luas bangunan 5284 meter persegi, sebagai tempat evakuasi yang mampu menampung 1.000 jiwa.

Baca juga : Angkasa Pura Properti Resmikan Mini Golf Dan Cafe Di Bandara Adisutjipto

“Kami berkomitmen secara berkala dan rutin untuk memastikan kolaborasi penyelenggaraan sosialisasi, edukasi kepada masyarakat dan komunitas bandara, serta simulasi mitigasi bencana ini dapat terlaksana. Sehingga ketika nantinya terjadi suatu bencana yang tidak dapat dihindari, bersama-sama kita dapat mengupayakan evakuasi sebanyak-banyaknya pengguna jasa dan masyarakat yang berada di lingkungan YIA. Masyarakat pun tidak perlu ragu untuk memanfaatkan bandara sebagai area evakuasi terdekat. Terlebih lagi YIA telah memiliki AOCC, di mana AOCC ini merupakan Ruang Pusat Kendali Operasi yang melaksanakan fungsi pusat kontrol, koordinasi, komunikasi, serta kolaborasi antar unit dan seluruh stakeholder di YIA,” tegas PTS. General Manager YIA Agus Pandu Purnama.

Baca juga : Usai Dilantik KONI, PB PRUI Gelar Asia Seven Trophies Di Jakarta

Rosyifudin, perwakilan warga Palihan turut menyampaikan apresiasi dan optimisme bahwa YIA mampu menjadi bandara tangguh bencana gempa bumi dan tsunami.

Baca juga : Angkasa Pura I Raih Penghargaan Di PR Indonesia Award 2022

“Kami merupakan saksi sejarah dibangunnya YIA, dan kami melihat sendiri bagaimana proses penanaman pilar-pilar hingga ke kedalaman, dan seperti apa penguatan tanahnya. Dengan melihat proses pembangunan serta bagaimana YIA dioperasikan saat ini, kami merasa lega karena nantinya akan ada tempat evakuasi terdekat yang aman bagi kami,” terangnya. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.