Dark/Light Mode

THR Dan Gaji Ke-13 PNS Dongkrak Ekonomi

Asyik, 16 Juta Warga Bakal Senang Belanja

Sabtu, 16 April 2022 06:30 WIB
Ilustrasi Tunjangan Hari Raya (THR). (Foto: Istimewa).
Ilustrasi Tunjangan Hari Raya (THR). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memastikan Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri akan cair sepenuhnya tahun ini. Diharapkan, pergerakan roda perekonomian lancar lagi.

Jokowi juga mengatakan, akan ada tambahan tunjangan kinerja bagi para abdi negara.

Presiden Jokowi

“Pada 13 April 2022 saya telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) tentang pemberian THR dan gaji ke-13 untuk ASN, TNI, Polri, ASN daerah, pensiunan, penerima pensiun, dan pejabat negara,” ungkap Jokowi dalam keterangan pers yang ditayangkan virtual, Kamis (14/4).

Baca juga : Jokowi Pastikan THR & Gaji Ke-13 Untuk PNS, TNI/Polri Cair, Pensiunan Juga Kebagian

Menurutnya, para abdi negara juga akan mendapatkan tambahan tunjangan kinerja sebesar 50 persen. Namun, bonus yang satu ini hanya berlaku bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang masih aktif bekerja.

Dijelaskan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, kebijakan pemberian THR dan gaji ke-13 secara penuh tahun ini untuk memberikan stimulus ke perekonomian.

Dia yakin, THR dan gaji ke-13 dapat membuat daya beli abdi negara meningkat, yang ujungnya membantu pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga : Harga BBM Dan Makanan Terancam Melambung

Khusus untuk bonus tunjangan kinerja yang diberikan, hal itu wujud penghargaan dari negara kepada para ASN yang bekerja menangani pandemi Covid-19.

Jokowi mengatakan, ketentuan teknis pembagian THR dan gaji ke-13 akan diatur lewat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk pencairan yang bersumber Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), dan juga aturan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk pencairan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, dampak pemberian THR ASN setidaknya bisa menggerakkan belanja 16 juta penduduk secara langsung.

Baca juga : Tak Ajukan Banding, Eks Penyidik KPK Bakal Segera Dijebloskan Ke Penjara

“Asumsinya, ada 4 juta orang ASN. Jika masing-masing ASN menanggung 3 orang anggota keluarga, akan ada 4 orang yang berbelanja saat THR cair. Kalau ditambah TNI, Polri dan pensiunan, tentu akan lebih besar lagi,” jelas Bhima kepada Rakyat Merdeka, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.