Dark/Light Mode

Banjir Pesanan Tiap Lebaran Haji

Budi Sukses Merintis Usaha Peternakan Hulu Ke Hilir

Jumat, 28 Juni 2019 13:38 WIB
Budi Susilo (kiri). (Foto; Istimewa).
Budi Susilo (kiri). (Foto; Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Hari Raya Idul Adha permintaan hewan kurban mengalami peningkatan yang signifikan. Para peternak hewan kambing, domba dan sapi pun kebanjiran order. Itulah yang dirasakan Mitra Tani Farm, yang selalu mendapat permintaan ribuan ekor hewan kurban tiap tahunnya.

Sangowner, Budi Susilo (38), mengaku sudah menyuplai hewan kurban ke berbagai institusi maupun lembaga, seperti PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah), Bank Muamalat, BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), Astra hingga menjadi pemasok daging ke se-jumlah restoran besar di Jakarta, salah satunya adalah Sate Khas Senayan.

Baca juga : Pertamina Tambah Pasokan LPG 3 KG di Jatim

“Tiap Lebaran Haji, saya bisa suplai hewan kurban rata-rata 1.500 ekor. Omzet bisa sampai Rp 7 miliar hanya di event kurban saja. Kalau di luar kurban saya bisa raup omzet Rp 500 juta per bulan. Alhamdulillah semoga berkah,” ucapnya saat ditemui Rakyat Merdeka.

Dari usaha CV Mitra Tani Farm miliknya, Budi mengembangkan usaha peternakan dan pertanian secara terintegrasi dari hulu ke hilir. Tak hanya mengembang¬kan hewan ternak, ia juga melayani bisnis katering dan kebutuhan hewan kurban untuk acara aqiqah. 

Baca juga : Bukti, Bu Mega Paham Bedakan Urusan Politik & Kemanusiaan

Tak hanya itu, ia juga membuat pupuk dari kotoran ternak, pengembangan sayuran organik dan memasoknya ke berbagai swalayan. Lalu ia juga memiliki usaha pengalengan rendang sapi dan sop domba, hingga pembuatan aksesoris, tas, dompet dan jaket dengan bahan baku kulit dari hewan ternaknya sendiri.

Soal omzset, untuk bisnis pemasok daging ke restoran maupun bisnis aksesoris fesyen kulitnya ia bisa meraup hingga Rp 30 jutaan per bulan, belum ditambah dengan bisnis turunan lainnya yang rata-rata bisa men-capai puluhan juta rupiah. Kalau ditotal dengan usahanya yang lain, Budi bisa meraup omzet hingga Rp 600-700 miliar per bulan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.