Dark/Light Mode

Industri Manufaktur Domestik Makin Bisa Diandalkan

Penyerapan TKDN Bisa Dikerek Jadi 60 Persen

Jumat, 22 April 2022 07:30 WIB
Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri). (Foto: Istimewa).
Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri). (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Dengan begitu, diharapkannya, dapat menciptakan lapangan pekerjaan lebih banyak bagi masyarakat Indonesia. Serta, mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Terutama di tengah kondisi pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Sebagai bentuk komitmen dalam mendukung program ini, Peruri menuangkannya ke dalam Peraturan Direksi tentang Pengadaan Barang dan Jasa di Peruri yang selaras dengan Peraturan Menteri BUMN tersebut.

Peruri, lanjut Adi, senantiasa memonitor dan memastikan penggunaan komponen dalam negeri dalam praktik pengadaan barang/jasa di Peruri berjalan secara maksimal.

Baca juga : Peringati Hari Kartini, Ewindo Tingkatkan Peran Wanita Di Sekor Pertanian

Ia menjelaskan, dalam pencetakan pita cukai Republik Indonesia pesanan dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Peruri berkolaborasi dengan PT Kertas Padalarang. Yakni, anak perusahaan Peruri untuk penyediaan bahan baku kertas sekuriti dan PT Pura Nusapersada, untuk penyediaan hologram pada kertas.

“Selain baku kertas berhologram dan tinta sekuriti, bahan penunjang seperti pelat dan bahan pengemas juga seluruhnya berasal dari produksi dalam negeri,” tegas Adi.

Ia memastikan, pengoptimalan penggunaan komponen dalam negeri untuk proyek-proyek yang dikerjakan di Indonesia terus digenjot Pemerintah, di tengah tantangan pandemi yang melanda.

Baca juga : Lestari Imbau Generasi Muda Tingkatkan Ketrampilan Hadapi Persaingan

“Peruri saat ini berkomitmen menerapkan standar khusus dalam penyerapan TKDN di setiap proyek. Serta mendorong para vendor untuk meningkatkan TKDN ada saat proses tender,” pungkasnya.

Sinergi Kementerian/Lembaga

Menyoal ini, Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury mengakui, pihaknya mendorong seluruh BUMN dalam Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN).

Baca juga : Industri Manufaktur Indonesia Semakin Ekspansif, Ini Buktinya

Kementerian BUMN bersama Kementerian Perindustrian (Kemenperin), akan terus mengawal optimalisasi terlaksananya sertifikasi TKDN di BUMN dan pelaku industri dalam negeri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.