Dark/Light Mode

Genjot Ekspansi, Laba BNI Tumbuh 63,2 Persen Di Kuartal I-2022

Selasa, 26 April 2022 14:32 WIB
Foto: Dok.BNI
Foto: Dok.BNI

 Sebelumnya 
Ke depan, BNI akan terus meningkatkan kinerja kredit dengan rentang pertumbuhan 7-10 persen di tahun ini. Akselerasi kinerja ini akan sangat didukung oleh rencana penyaluran kredit lebih kuat dan berkualitas di semua segmen dan tren positif ekonomi makro seperti kegiatan ekonomi yang lebih terbuka, serta harga komoditas yang kuat.

“Dengan dampak penyebaran Virus Corona-19 varian Omicron yang mereda, maka geliat ekonomi ini pun akan terus mendorong peningkatan kualitas aset BNI,” ujarnya.

Tak hanya itu tercatat, kredit di segmen Business Banking masih menjadi motor akselerasi bisnis kredit BNI.

Pertumbuhan ini terutama pembiayaan ke segmen Korporasi Swasta yang tumbuh 9,9 persen yoy menjadi Rp 193,2 triliun, segmen Large Commercial yang tumbuh 24,5 persen yoy menjadi Rp 46,1 triliun, segmen UMKM juga tumbuh 11,8 persen yoy dengan nilai kredit Rp 98 triliun. Secara keseluruhan kredit di sektor Business Banking ini tumbuh 4,8 persen yoy menjadi Rp 489,3 triliun.

Kenaikan ekspansi kredit di seluruh segmen tersebut sejalan dengan kondisi perekonomian nasional yang juga sudah mulai pulih. Sektor yang dibidik di segmen business banking adalah sektor perdagangan, infrastruktur, dan industri pengolahan. Bahkan, pembiayaan segmen hijau terus menunjukkan kebutuhan pembiayaan dengan ticket size besar sekaligus berkualitas.

“Hal ini dapat menjadi motor pendorong kredit sindikasi, salah satu penopang kredit korporasi perseroan,” sebut Royke.

Dari sisi konsumer, kredit payroll dan kredit kepemilikan rumah membukukan penguatan kinerja positifnya pada awal tahun ini dengan pertumbuhan masing-masing 18,8 persen dan 8,4 persen secara yoy.

Baca juga : Top, Laba Jaktour Naik 508 Persen Pada 2021

Secara keseluruhan, kredit konsumer tumbuh 11,4 persen yoy. Hal ini dikarenakan brand consumer banking BNI yang terbentuk dengan baik sehingga mampu memberi daya saing yang sangat kuat dalam berkompetisi dengan peers untuk melayani kebutuhan pembiayaan konsumer masyarakat.

Direktur Keuangan BNI Novita Widya Anggraini menjelaskan, dalam masa pemulihan ekonomi awal tahun ini, BNI pun memperkuat posisi permodalan dan likuiditas.

Tentunya kondisi likuiditas dan permodalan ini menjadi pondasi dalam melanjutkan kestabilan kinerja sekaligus menopang pertumbuhan bisnis lebih positif.

Dana pihak ketiga tumbuh 8,4 persen yoy, dengan rasio dana murah atau current account and saving account (CASA) masih mendominasi dan terus meningkat menjadi 69,2 persen dari periode sama tahun lalu 67,9 persen.

Pertumbuhan dana murah ini mendorong perbaikan Cost of Fund dari 1,74 persen pada akhir kuartal pertama 2021 menjadi 1,46 persen pada kuartal pertama 2022. Ruang untuk ekspansi pun masih terbuka.

“Ditunjukkan dari loan to deposit ratio yang berada pada 85,02 persen. Di sisi permodalan, rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) berada pada posisi 19,3 persen, naik 120 basis poin secara yoy,” ujar Novita.

Ia membeberkan, perbaikan risiko kredit juga memberi dukungan peningkatan kinerja yang sangat baik pada awal tahun ini. Loan at risk BNI pada kuartal I-2022 tercatat 22,1 persen, atau membaik 4,8 persen secara yoy.

Baca juga : Wow, BCA Kantongi Laba Rp 8,1 Triliun Di Triwulan I-2022

Begitu juga dengan rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) BNI yang terus bergerak membaik 60 basis poin yoy ke posisi 3,5 persen dari periode sama tahun lalu 4,1 persen.

Sementara untuk restrukturisasi kredit akibat pandemi sambung Novita, terus menunjukkan perbaikan yang semakin positif pada awal 2022. Kredit restrukturisasi Covid-19 tercatat Rp 69,6 triliun, turun dari posisi periode sama tahun lalu sebesar Rp 84,3 triliun.

“Bahkan, debitur BNI terdampak pandemi telah mulai melakukan pembayaran sehingga kami optimis tren perbaikan kualitas kredit akan terus berjalan di semua segmen,” pungkasnya.

Layanan Digital Direktur IT dan Operasi BNI YB Hariantono menambahkan, kinerja digital banking BNI juga tak kalah melonjak. BNI proaktif meningkatkan kapasitas dan kapabilitas layanan dalam mendorong dan mengembangkan solusi digital bagi para nasabah.

“Semakin banyaknya fitur dan layanan yang bisa dimanfaatkan nasabah lewat Super App Ecosystem BNI Mobile Banking, membuat layanan ini semakin menjadi favorit para nasabah. BNI Mobile Banking juga menempati peringkat 1 Mobile Banking Application di Google Play Store,” katanya.

YB Hariantono merinci, perseroan mencatat jumlah pengguna aplikasi BNI Mobile Banking tersebut sudah mencapai 11,47 juta nasabah pada kuartal I-2022 ini atau meningkat 34 persen yoy. Jumlah transaksi meningkat signifikan 34,7 persen mencapai 128 juta transaksi dengan nilai transaksi mencapai Rp 175 triliun, tumbuh 26,8 persen yoy.

“Tentunya pencapaian yang sangat baik ini akan terus kami jaga dan tingkatkan. BNI terus memperkuat eksistensi untuk menjadi channel layanan perbankan utama bagi nasabah perbankan Indonesia,” ungkap dia.

Baca juga : Maret 2022, Ekspor Pertanian Tumbuh 23,27 Persen

YB Hariantono mengatakan, penguatan ekosistem digital tetap berlanjut pada awal tahun ini. Sejauh ini, BNI telah menjalin partnership dengan lebih dari 4.000 partner Application Programming Interface (API), dengan total layanan mencapai 443 layanan.

BNI API Open Banking ini merupakan salah satu product champion layanan digital BNI selain BNI Mobile Banking.

Fungsi perbankan untuk memberikan akses layanan keuangan kepada masyarakat, terutama di remote area, ditingkatkan dengan menjadikan layanan agen laku pandai BNI Agen46 sebagai ujung tombak. Di mana telah mencapai lebih dari 150 ribu agen, dengan nilai transaksi dari Agen46 BNI sudah mencapai Rp 18,6 triliun.

“Tidak ketinggalan, layanan uang elektronik lewat produk Tapcash BNI yang mencapai 8,54 juta kartu Tapcash yang beredar, dengan volume transaksi sebesar Rp 310 miliar,” tuturnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.