Dewan Pers

Dark/Light Mode

Garap Bisnis Teknologi Kesehatan

Bio Farma Dan MDI Ventures Luncurin Bio-Health Fund

Minggu, 15 Mei 2022 07:30 WIB
Bio Farma berkolaborasi dengan MDI Ventures mendirikan Bio-Health Fund. (Foto: Humas Kementerian BUMN).
Bio Farma berkolaborasi dengan MDI Ventures mendirikan Bio-Health Fund. (Foto: Humas Kementerian BUMN).

RM.id  Rakyat Merdeka - Bio Farma berkolaborasi dengan MDI Ventures mendirikan Bio-Health Fund. Badan investasi ini akan mengembangkan bisnis di bidang teknologi kesehatan.

Pembentukan Bio-Health Fund ditujukkan untuk membentuk ekosistem kesehatan di Tanah Air. Salah satunya dengan memberikan modal awal untuk startup potensial bidang teknologi kesehatan. Untuk diketahui, MDI Ventures merupakan perusahaan modal ventura milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero) atau Telkom.

Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury mengatakan, Bio-Health Fund akan berkontribusi pada Bio Farma yang merupakan Limited Partnership (LP) utama.

Berita Terkait : Jangan Kepedean Dulu Dong, Indonesia Belum Endemi Nih

“Bio-Health Fund menjadi peluang bagi Bio Farma untuk meningkatkan kapabilitas perusahaan dalam bidang penelitian biotech,” ujarnya, melalui siaran pers, Kamis (12/5).

Dia membeberkan, saat ini Indonesia mempunyai berbagai tantangan. Salah satunya, terkait industri kesehatan. Untuk itu, Indonesia perlu mengembangkan teknologi baru di bidang kesehatan. Baik itu yang terkait bio sciences, farmasi maupun industri teknologi digital kesehatan.

Untuk mewujudkan itu, Bio Farma perlu bekerja sama dengan pengelola fund yang saat ini sudah ada, yaitu MDI.

Berita Terkait : Integrasikan Layanan Kesehatan, Kemenkes Luncurkan Indonesia Health Services

“Ini yang menjadi alasan kami agar Bio Farma mengembangkan bisnisnya ke arah teknologi dan startup,” akunya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menyampaikan, sebagai induk Holding BUMN Farmasi, pihaknya akan menambah portofolio selain vaksin dan serum.

Seperti saat pandemi, perseroan berinovasi memproduksi kit diagnostik berupa mBio-Cov dan Biosaliva, yang merupakan hasil kolaborasi dengan perusahaan startup.

Berita Terkait : Teten Yakin Produk Lokal Berbasis Teknologi Siap Suplai Kebutuhan Barang/Jasa Pemerintah

Dengan adanya Bio-Health Fund, ia meyakini dapat meningkatkan kapabilitas Bio Farma, dalam hal inovasi produk-produk life science dan produk healthtec.

“Misalnya, telemedicine dan lain sebagainya. Dan ultimate goal-nya adalah membentuk ekosistem kesehatan nasional,” katanya.
 Selanjutnya